benihbaik_2020-06-2515930560965ef41b60da5c8.jpg
Kesehatan

1000 Hari Pencegahan Stunting di Indonesia

Rp 825.031 dari Rp 200.000.000

Berakhir

Penggalang Dana

user
PATAR H.SEMBIRING ceklis Identitas terverifikasi

Stunting merupakan kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Stunting pada anak bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan fisik anak, tubuh anak lebih pendek dari anak-anak seusianya. 


Tak hanya itu, stunting juga menyebabkan terganggunya perkembangan otak dan metabolisme tubuh. Bahaya lain yang ditimbulkan akibat stunting adalah kecerdasan anak bisa berada di bawah rata-rata, sistem kekebalan tubuh anak tidak baik, dan anak pun berisiko lebih tinggi menderita penyakit jantung, diabetes stroke, dan kanker.



Yayasan Seribu Cita Bangsa berdiri pada 4 Februari 2019. Fokus kegiatan kami pada bidang kesehatan ibu dan anak dalam pencegahan stunting. Menurut data Riset Kesehatan Daerah tahun 2018, angka stunting di Indonesia sebesar 37%. Di wilayah kerja kami, Nusa Tenggara Timur, angka stunting sebesar 43%. 


Ada beberapa faktor utama penyebab stunting seperti akses air bersih, sarana kebersihan dan perilaku hidup bersih dan sehat yang kurang, kesadaran ibu terkait gizi dan vitamin selama kehamilan sangat rendah. Menurut survey yang telah dilakukan, hanya 4% pemberi asuhan (ibu, ayah, dan keluarga) yang paham mengenai apa itu stunting dan bagaimana cara pencegahannya. Dari segi tenaga kesehatan, hanya 35% yang mampu memberikan edukasi secara penuh kepada orang tua tentang cara pencegahan stunting.



Kami, Yayasan Seribu Cita Bangsa ingin berbagi dengan masyarakat, khususnya kepada para ibu dan ibu hamil serta kader kesehatan dengan memberikan materi edukasi dan distribusi poster tinggi badan. Harapan kami, ini bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan angka stunting dan meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan, kader desa serta bisa mengubah perilaku dari orang tua anak sehingga bisa mencegah stunting. 



#TemanBaik bisa ambil bagian dalam gerakan 1000 hari pencegahan stunting ini. Caranya dengan berdonasi melalui BenihBaik.com. Donasi yang terkumpul akan digunakan untuk pengadaan poster sebagai materi edukasi kepada masyarakat dan pelatihan untuk para kader.

 

Kami berharap agar pengentasan program stunting dapat dikerjakan secara masif dan multi sektoral. Mari kita bergandeng tangan demi Indonesia yang lebih baik. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.

  • Pencairan Dana Rp 825.031

    Ke rekening ****043612537 a/n PATAR H SEMBIRING

    dana digunakan untuk kebutuhan program pencegahan stunting untuk memenuhi kebutuhan anak-anak
    2021-12-16 15:45:41


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Bantu Campaign Lainnya