benihbaik_2021-01-29161189371160138bcfb3975.jpg
Lansia

Bantu Alzheimer's Indonesia Tingkatkan Kualitas Hidup Orang Dengan Demensia dan Keluarganya

Rp 7.920.000 dari Rp 100.000.000

39 hari lagi

Penggalang Dana

user
Alzheimer Indonesia ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Yayasan Alzheimer Indonesia Identitas terverifikasi user

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Hai TemanBaik, Tahukah kamu pikun itu jangan dimaklumi? Karena pikun itu menjadi tanda adanya penurunan fungsi otak atau disebut dengan Demensia. Demensia memiliki banyak tipe yang salah satunya Demensia Alzheimer yang kerapkali diderita sekitar 50-75% dari tipe-tipe Demensia. Orang Dengan Demensia (ODD) Alzheimer membutuhkan perhatian kita semua. Mengapa? Karena ODD umumnya diderita oleh lansia berusia 65 tahun ke atas, tetapi tidak menutup kemungkinan diderita pada usia di bawah 60 tahun. Gejala Demensia Alzheimer dimulai dari menurunnya daya ingat hingga sampai mengganggu fungsi otak lainnya, seperti melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan berbahasa. 



Tak semua ODD mendapat pendampingan dan perhatian dari orang-orang di sekitar. Di Indonesia, Demensia Alzheimer masih menjadi stigma juga tabu dan tak semua keluarga mempunyai sarana untuk meningkatkan kualitas hidup ODD. Biaya perawatannya pun sangat mahal, bisa mencapai 5-10 juta sebulan. Kerapkali karena keterbatasan kondisi ekonomi, ODD tak mendapat perawatan dan tak bisa mempunyai kehidupan yang layak. 



Saat ini, di Indonesia terdapat organisasi yang dapat menjadi wadah bagi para keluarga yang merawat ODD, yaitu Alzheimer’s Indonesia (ALZI) yang berdiri sejak 3 Agustus 2013. ALZI adalah organisasi non-profit yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup orang dengan demensia dan Alzheimer, keluarga, dan pemberi perawatan (caregivers) di Indonesia. Data survey di Indonesia menunjukkan ada sekitar 1,2 juta orang dengan demensia pada tahun 2016 dan jumlah ini diprediksikan akan terus bertambah hingga 4 juta orang di tahun 2050. 



Untuk membantu ODD dan Keluarganya, ALZI mengajak TemanBaik semua untuk peduli membantu kegiatan kami untuk dapat memberdayakan ODD beserta keluarganya, melalui kegiatan webinar edukasi, pelatihan perawatan orang dengan demensia, layanan konsultasi hingga campaign untuk gerakan #JanganMaklumDenganPikun lintas usia dan generasi yang dapat dilihat melalui website www.alzi.or.id



TemanBaik, ayo bersama Alzheimer’s Indonesia kita wujudkan solidaritas dan kepedulian pada Orang Dengan Demensia, khususnya Alzheimer beserta keluarga di Indonesia. Perhatian dan kepedulian kita bisa membantu Teman-temanKita ini untuk meningkatkan kualitas hidup dan menginvestasikan diri kita juga untuk ikut mendukung kampanye melawan pikun dan pencegahan sejak dini. 


Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan dengan cara:

1. Klik “Donasi Sekarang”

2. Isi nominal donasi

3. Pilih berdonasi dengan apa. Lebih praktis dengan OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Sakuku, BRI E-Pay dan BCA Klik-Pay. Bisa juga lewat transfer antar bank (BRI, Mandiri, BCA, BNI)


TemanBaik juga bisa #tanamkebaikan dengan cara sederhana: SHARE link campaign ini di Facebook, Twitter atau Instagram kamu. FORWARD juga ke sahabat dan kerabat kamu di Instagram, Whatsapp dll.

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Bantu Campaign Lainnya