benihbaik_2020-09-2416009537325f6c9d84b99b4.jpg
Kemanusiaan

Yuk Kontribusi untuk Masyarakat Bone Bolango yang Terlanda Banjir

Rp 650.013 dari Rp 30.000.000

76 hari lagi

Penggalang Dana

user
Lingkar Temu Kabupaten Lestari ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Lingkar Temu Kabupaten Lestari Identitas terverifikasi user

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Hai TemanBaik, bencana banjir kembali melanda Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sulawesi pada awal September 2020. Para korban banjir di wilayah Kabupaten Bone Bolango butuh bantuan untuk kebutuhan pangan sehari-hari dan air bersih.


Sepanjang tahun 2020, kita dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya bencana yang datang silih berganti. Salah satunya bencana banjir bandang yang terjadi berulang di Kabupaten Bone Bolango. 



Tercatat sejak bulan Juni 2020, setiap kali hujan deras melanda Bone Bolango, sudah dapat dipastikan akan terjadi banjir, tidak terkecuali di bulan September ini. Curah hujan yang tinggi kembali meningkatkan debit air sungai hingga meluap dan memasuki area pemukiman warga dan mengakibatkan warga meninggal serta lebih dari 100 unit rumah mengalami kerusakan dan ribuan warga terpaksa mengungsi dari rumahnya.


Bone Bolango merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Gorontalo dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 160 ribu jiwa. Banjir bandang yang kembali terjadi di awal bulan September ini, praktis menghentikan laju kegiatan masyarakat. 



Tidak hanya dipaksa untuk mengungsi, masyarakat pun dihadapkan dengan permasalahan pasokan air bersih yang kurang. Jalan yang menghubungkan Kabupaten Bone Bolango dengan kabupaten tetangga pun terhambat sehingga bantuan dari luar pun terkendala. 


Di antara 3 kecamatan yang terdampak banjir, salah satunya adalah Kecamatan Bulawa. Warga di 7 desa di Kecamatan Bulawa: Desa Mamungaa, Mamungaa Timur, Mopuya, Dungilata, Kaidundu, Kaidundu Barat, dan Pinontiga terpaksa mengungsi. Sekitar 2000-an warga terpaksa meningggalkan rumah mereka yang rusak atau hanyut tersapu banjir bandang dan tinggal di pengungsian.



Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) ingin membantu masyarakat Bone Bolango yang terdampak banjir bandang melalui penggalangan dana ini. Bantuan yang akan diberikan untuk korban banjir Bone Bolango berupa sembako dan bantuan logistik lainnya. 


TemanBaik, ayo bantu warga Bone Bolango untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari di masa bencana ini dan dukung mereka agar dapat pulih kembali meski diterpa bencana tak berkesudahan. Salurkan bantuanmu melalui BenihBaik.com. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Bantu Campaign Lainnya