Panggilan Mendesak

camp
Keagamaan

#KebahagiaanRamadan, Fidyah untuk Bantu Duafa

Hai TemanBaik, kita sebagai umat Muslim harus mempersiapkan diri menuju bulan Ramadan yang penuh berkah. Salah satunya adalah membayar hutang Ramadan tahun lalu sebelum memasuki bulan Ramadan tahun ini. Kewajiban puasa di bulan Ramadan kadang tak bisa terlaksana karena halangan (udzur) yang dialami seorang Muslim. Kita mengenal istilah qadha’ dan fidyah untuk menggantinya. Fidyah adalah pengganti puasa bagi orang tua yang tidak kuat puasa lagi, perempuan hamil atau menyusui atau orang yang sakit tak kunjung sembuh atau tak ada harapan sembuh menurut diagnosis dokter. Besarnya fidyah itu satu mud dengan mud Nabi Muhammad SAW. Setiap satu mud digunakan untuk membayar satu hari puasa yang ditinggalkan. Sebagian ulama seperti Imam As-Syafi`i dan Imam Malik menetapkan ukuran fidyah yang harus dibayarkan kepada setiap satu orang fakir miskin adalah satu mud gandum sesuai dengan ukuran mud nabi. Abu Hanifah mengatakan dua mud gandum dengan ukuran mud Rasulullah SAW atau setara dengan setengah sha` kurma atau tepung atau setara dengan memberi makan siang dan makan malam hingga kenyang.Ukuran mud adalah ukuran tapak tangan manusia untuk memuat atau menampung bahan makanan, seperti gandum, kurma dan lainnya. Kalau diukur dengan ukuran zaman sekarang, 1 mud = 675 gram bahan makanan yang mencukupi makan sehari.Dengan begitu perhitungannya menjadi: (jumlah hutang puasa) x (harga 0,675 kg bahan makanan yang cukup untuk sehari) = jumlah fidyah yang dibayarkan. Misalnya: Rp 15.000 (perkiraan harga satu kali makan)  x 3 kali makan: Rp 45.000Rp 45.000 x 5 hari hutang puasa: Rp 225.000 Siapa yang wajib membayar fidyah? Mayoritas ulama bersepakat bahwa hukum fidyah adalah wajib, berdasar ayat “Dan wajib bagi orang yang berat menjalankannya (puasa) membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin” (QS. Al-Baqarah: 184).Orang yang meninggalkan puasa adakalanya harus membayar fidyah dan meng-qadha’ puasa, adakalanya diharuskan membayar fidyah saja. Yang masuk kategori pertama (membayar fidyah dan qadha’):1. Perempuan yang hamil dan menyusui apabila mengkhawatirkan kesehatan anaknya. (Jika dia mengkhawatirkan kesehatan dirinya bukan anaknya maka dia harus meng-qadha’ saja tanpa harus membayar fidyah).2. Orang yang terlambat meng-qadha’ puasa sampai datang bulan Ramadan berikutnya dengan tanpa udzur (haid, nifas, sakit, bepergian yang berkepanjangan, dan lain-lain).Untuk kategori kedua (membayar fidyah saja, tanpa qadha’):1. Seseorang yang kondisi fisiknya memang tidak memungkinkan lagi berpuasa, seperti kakek-nenek yang sudah tua renta.2. Orang sakit yang tidak bisa diharapkan lagi kesembuhannya.Boleh juga dibayarkan berupa uang, dihargai sesuai harga pasar setempat. Karena wajarnya makan itu lengkap dengan lauk-pauk, maka harus sekalian dengan lauk-pauknya.TemanBaik, mari tunaikan fidyah sekaligus berbagi makanan bergizi untuk Teman-temanKita, para duafa bersama Rumah Zakat. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.
Dana terkumpul Rp 500.000
1 hari lagi Dari Rp 200.000.000
Donasi
camp
Keagamaan

Beramal Jariyah Renovasi Asrama Yayasan Senyum Yatim

Assalamualaikum TemanBaikAlhamdulilah wasyukurillah semoga TemanBaik semua dalam keadaan sehat walafiat agar bisa berbagi kebaikan untuk TemanKita yang membutuhkan bantuan.Bismillahirohmanirohim“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputus lah amalannya kecuali tiga perkara yaitu : sedekah jariah, ilmu yang di manfaatkan, atau doa anak yang soleh”(HR. Muslim no. 1631)Perkenalkan kami dari Yayasan Senyum Yatim sebuah asrama yatim dhuafa sekaligus tempat pesantren di Komplek Citra Antapani Jl. Citra Raya No.6 Bandung Jawa Barat.Yayasan kami sudah dihuni lebih dari 100 anak yang tidak memiliki tempat tinggal sebelumnya dan tidak memiliki sanak saudara, kami di sini ingin memberikan mereka tempat baru untuk bisa tumbuh dan berkembang untuk belajar agama Islam.Sejak berdiri tahun 2015, pesantren kami ini belum ada renovasi sama sekali sampai sekarang. Maka kami ingin meminta bantuan dari TemanBaik agar anak-anak di sini bisa belajar dengan nyaman dan aman.Beberapa tempat mulai ruangan kelas dan ruangan lainnya sudah mulai pada rusak, seperti lantai yang  sudah retak, atap masih menggunakan papan kayu, dan dirasa kurang nyaman bagi anak anak.Kami memohon kepada Allah SWT dan dari TemanBaik  untuk membantu kami renovasi bangunan yayasan agar proses menuntut ilmu kami bisa nyaman dan mendapat ilmu yang manfaat untuk dunia dan akhirat.Sementara kami membutuhkan dana sekitar 202.160.000 untuk  memulai  proses  renovasi. Semoga niat mulia kami mendapatkan bantuan dan dukungan dari TemanBaik. Insya Allah dengan amal baik dan amal jariah akan mengalir sampai akhirat nanti.Bantuan berapapun juga untuk rumah Allah dan untuk menuntut ilmu akan panjang dan bermanfaat untuk selamanya. AamiinUntuk Donasi, silahkan ikuti langkah berikut :Klik “Donasi Sekarang”Isi NominalnyaPilih Metodenya. Lebih praktis DONASI lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, Sakuku dll. Bisa juga lewat transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI) atau lewat kartu kreditTemanBaik juga bisa ikut share galang dana ini sebagai bentuk kepedulian. Terima kasih atas partisipasi TemanBaik dalam renovasi Yayasan Senyum Yatim.Waalaikumsalam wr wbSalam,Pengurus Yayasan Senyum Yatim
Dana terkumpul Rp 675.000
13 hari lagi Dari Rp 202.160.000
Donasi
camp
Keagamaan

Renovasi Gereja Kokotobo di NTT yang Nyaris Ambruk

Umat Katolik Desa Kokotobo Kecamatan Adonara Tengah, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun ini menggelar misa natal dengan tenda sederhana. Bukan karena gereja yang sudah penuh sehingga sebagian umat harus diluar, namun karena tempat ibadah mereka yang belum selesai direnovasi.Gereja Desa Kokotobo didirikan sejak tahun 1970 dan hingga saat ini gereja belum direnovasi. Jumlah jemaat gereja ini sekitar 1000 orang termasuk warga desa Kokotobo dan desa sekitar. Bangunan yang sudah nyaris ambruk membuat gereja ini harus segera direnovasi pada tahun 2019.Ketua panitia pembangunan gereja Philipus Boli mengatakan meskipun dana renovasi masih belum terkumpul semua, warga desa tetap bergontong royong menyumbang dan mencari donasi untuk pembangunan gereja mereka.Kenndala yang mereka hadapi adalah kondisi ekomoni warga yang sebagian besar menengah kebawah ditambah lagi pandemi covid19 yang membuat perekonomian warga semakin sulit.Dana yang dibutuhkan untuk renovasi gereja sebanyak 100 juta rupiah. Jumlah cukup besar untuk dikumpulkan oleh warga desa.Meski demikian, mereka yakin masih banyak orang baik yang akan membantu membangun rumah ibadah mereka sehingga natal tahun depan bisa dirayakan dengan beribadah di gereja.Yuk, kita-sama sama ulurkan tangan untuk renovasi gereja di Kokotobo agar para jemaat bisa beribadah dengan tenang dan nyaman. Kamu bisa ikut kontribusi dengan cara :Klik “Donasi Sekarang”  Isi NominalnyaPilih Metodenya. Donasi bisa lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, BRI E-Pay Sakuku, Go-Pay dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu Kredit. 
Dana terkumpul Rp 24.086.570
13 hari lagi Dari Rp 100.000.000
Donasi

Pilihan Campaign