Panggilan Mendesak

camp
Pendidikan

Yuk Bantu Sulap Becak Pak Sutopo Jadi Perpustakaan Keliling!

Hai Teman Baik! Kenalin Teman Kita Pak Sutopo (73 tahun) yang udah belasan tahun narik becak sambil bawa buku-buku yang bisa dibaca sama penumpang atau anak-anak di jalan.Sejak pensiun dari Pegawai Negeri Sipil di Komando Distrik Militer Jogja, Pak Sutopo berkeinginan kalau hari-harinya mau dihabiskan untuk kegiatan yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Sumber : Kompas/Haris FirdausSelama 1 tahun merenung dan memikirkan kegiatan apa yang mau dilakukan, terbesit di pikiran dia kalau ingin membuat perpustakaan keliling dengan menggunakan becak.Dari 2004 Pak Sutopo mengayuh becaknya berkilo-kilo meter sambil menularkan kegemarannya baca buku. Dia bawa ratusan buku yang boleh dibaca sama siapa aja tanpa biaya, mulai dari buku fiksi sampai buku pelajaran. Sumber : Kompas/Haris FirdausSebenernya kegiatan yang dilakukan sama Pak Sutopo ingin menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat, selain itu juga dia ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Meskipun penghasilan dari narik becak ngga seberapa, Pak Sutopo tetap merasa senang.Secara konsisten selama 16 tahun mengayuh becak, banyak dari Teman Baik yang tergerak hatinya untuk  membantu Pak Sutopo, mereka kadang membantu menyumbangkan buku-buku bekasnya untuk koleksi di becak pak Sutopo, bahkan ada yang dari Bali mengirimkan kardus yang isinya buku semua.Sumber : Kompas/Haris FirdausSekarang koleksi buku di becak Pak Sutopo sudah sekitar 200 buku dan rencananya Pak Sutopo mau buka perpustakaan di sekitar rumahnya. Tapi, sampai sekarang dana yang terkumpul masih kurang.Melalui BenihBaik.com Teman Kita Pak Sutopo berharap uluran bantuan dari Teman Baik agar rencana baiknya dapat terwujud. Yuk, klik tombol “Donasi Sekarang” berapapun nominal yang Teman Baik berikan akan bermanfaat untuk banyak orang.
Dana terkumpul Rp 2.715.012
1 hari lagi Dari Rp 15.000.000
Donasi
camp
Pendidikan

Bantu Kelas Anak Pesisir di Bengkayang, Kalimantan Barat

“Kami membuat Kelas Anak Pesisir untuk mengganti (sementara) sekolah tatap muka yang berhenti karena COVID-19. Nanti yang mengajar teman-teman mahasiswa”Hai Teman Baik! Kegiatan belajar mengajar telah berubah sejak Maret 2020 lalu. Belajar tatap muka (luring) dengan terpaksa harus beralih ke belajar jarak jauh (daring). Kondisi ini tentu mengejutkan banyak orang tua dan murid yang diajar, termasuk guru yang mengajar. Bukan apa-apa, tidak semua guru dan murid punya handphone, apalagi laptop. Kita belum menghitung soal kuota, bagus atau tidaknya akses internet dll. Tidak heran ada guru-guru yang tetap mengajar dengan mendatangi rumah anak muridnya satu per satu. Beberapa ceritanya viral di media sosial sampai menginspirasi Teman-teman Kita berikut ini.Teman-teman Kita di Ikatan Mahasiswa Pesisir dan Karang Taruna di Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat sadar akan kondisi ini. Banyak anak-anak di Bengkayang yang tidak bisa sekadar belajar membaca, menulis dan berhitung. Mau bermain keluar orang tua melarang. Mau belajar di rumah tidak ada orang, semua sibuk mencari nafkah yang makin sulit di tengah wabah. Satu dua kali bertemu membuat konsep, program Kelas Anak Pesisir jadi juga.Rencananya Kelas Anak Pesisir dilaksanakan Bulan September sampai November 2020 di desa-desa di Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Di dalam Kelas Anak Pesisir nanti, anak-anak akan didampingi untuk belajar membaca, menulis dan berhitung dasar. Sekaligus agar mereka membiasakan diri hidup sehat di tengah wabah COVID-19 ini. Tentunya setiap kegiatan Kelas Anak Pesisir dilakukan dengan memperhatikan protocol kesehatan dasar, seperti menjaga jarak, sering mencuci tangan dan menggunakan masker. Teman-teman Kita di Ikatan Mahasiswa Pesisir Kabupaten Bengkayang mengajak kamu bantu dan berpartisipasi dengan cara donasi. Teman-teman Kita membutuhkan dana sampai Rp 12 juta. Terutama untuk membeli alat tulis seperti pulpen, pensil, buku tulis, kertas HVS, tinta printer, spidol dan baju. Serta untuk menyiapkan hand sanitizer, masker kain dan thermo gun. Kuy lah!Kamu dapat berdonasi dengan cara:1. Share campaign ini di facebook, twitter dan instagram kamu.2. Klik "Donasi Sekarang"3. Isi nominalnya.4. Pilih donasi dengan apa. Bisa lewat OVO, DANA, LinkAja, Sakuku, BCA KlikPay, BRI E-Pay, Sakuku, Transfer Bank dll.
Dana terkumpul Rp 330.031
3 hari lagi Dari Rp 12.000.000
Donasi
camp
Pendidikan

Bantu Beasiswa untuk Anak Kurang Mampu Melanjutkan Pendidikan

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat digunakan untuk mengubah dunia" - Nelson MandelaHai Teman Baik! Dulu waktu mau lulus sekolah kamu pasti udah punya angan-angan kalau akan lanjut lagi ke jenjang berikutnya. Mau lanjut di sekolah atau universitas apa, tapi ternyata angan angan itu ga semua orang punya, terlebih mereka yang ngga terhambat biaya untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.Seperti halnya makan, pendidikan itu penting banget untuk setiap orang, bisa dibilang pendidikan juga kebutuhan dasar manusia. Maka dari itu, setiap orang harus bisa dapat pendidikan yang berkualitas untuk mencapai angan-angannya dan meraih mimpinya.Pendidikan yang baik ngga cuma memberikan ilmu pengetahuan yang luas aja, tapi juga bisa kasih kesempatan mereka untuk ngembangin potensi yang dimilikinya. Supaya mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang seutuhnya.Setelah berhasil membuat rumah belajar, komunitas Rumah Baca Kopiko ingin membuat program buat anak yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.Dengan adanya program ini teman-teman kita di Rumah Baca Kopiko berusaha untuk melawan kemiskinan demi meraih cita-cita. Karena semua orang berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas.Selain itu, Rumah Baca Kopi juga percaya kalau setiap anak punya bakat dan berhak untuk mengembangkannya lewat pendidikan, walaupun kondisi keuangan keluarga mereka tidak memungkinkan.Harapannya agar program ini dapat berjalan, mereka butuh bantuan Teman Baik dengan cara donasi di BenihBaik. Berapapun nominal yang Teman Baik berikan sangat berarti bagi mereka untuk melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya. Yuk, donasi sekarang juga demi masa depan Teman Kita.
Dana terkumpul Rp 2.185.017
4 hari lagi Dari Rp 250.000.000
Donasi

Pilihan Campaign