Panggilan Mendesak

camp
Pendidikan

Muhammad Anak Yatim Rela Bekerja untuk Mendapatkan Uang Sekolah

Anak-anak yang tinggal di kota, umumnya setelah pulang sekolah bermain dengan gadget mereka. Tapi tidak dengan Muhammad (7 thn), dia justru lebih memilih menyusuri rumah-rumah tetangganya untuk menawarkan jasa membersihkan kandang bebek untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sekolah.Hari-hari yang dijalani Muhammad sungguh sangatlah berat, sejak usia dini, dia tidak mendapatkan rasa kasih sayang lagi dari kedua orangtuanya, beberapa tahun lalu ayahnya meninggal dunia dan sang Ibu pergi meninggalkannya, kini Muhammad tinggal bersama neneknya di rumah yang jauh dari kata layak di desa Soro, NTB. Dari tangan kecil inilah Muhammad menggantungkan hidupnya, dia mengumpulkan kotoran bebek yang dimasukkan ke dalam kantong plastik dan bahkan dia juga pernah membantu tukang bangunan untuk mengangkat bak semen. Keuntungan yang didapat seharinya pun juga tidak seberapa, setiap diminta bantuan oleh tetangganya membersihkan kotoran hewan, Muhammad hanya mendapatkan sekitar 2-5 ribu rupiah.Peluh keringat, debu, kotoran, pasir, dan panas terik matahari hingga hujan, telah menjadi teman setianya. Seakan-akan tubuh kecilnya berbicara kalau dia tak kuat harus menanggung beban hidupnya. Namun, semangatnya untuk belajar tidak pernah runtuh.Kadang saat pergi ke sekolah dia tidak membawa uang untuk jajan, namun dia sangat rajin ke sekolah walaupun di dalam saku celananya tidak ada uang.Dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh Muhammad, dia dituntut oleh keadaan yang mengharuskan menjadi dewasa yang tidak pada usianya. Selain harus mencukupi kebutuhan sekolahnya sendiri, Muhammad juga harus memenuhi kebutuhan hari-hari neneknya yang tidak bekerja.Melalui galang dana ini mari kita sama-sama bantu Muhammad. Rencananya donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membeli sepatu, buku, seragam dan sepeda untuk dia ke sekolah.TemanBaik, yuk kita tunjukkan kepedulian kita kepada Muhammad dengan cara:Klik “Donasi Sekarang” Isi NominalnyaPilih metode pembayaran. Donasi bisa lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, BRI E-Pay Sakuku, Go-Pay dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu Kredit.Selain donasi teman-teman juga bisa bagikan link galang dana ini ke orang-orang terdekat supaya banyak yang ikut membantu.
Dana terkumpul Rp 1.355.052
1 hari lagi Dari Rp 20.000.000
Donasi
camp
Pendidikan

Bantu Madrasah Atanila di Kabupaten Lembata

Madrasah Ibtidaiyah Atanila adalah sekolah dasar berbasis pendidikan islam yang terletak di Desa Nilanapo, Kecamatan Omesur , Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Seperti sekolah dasar pada umumnya, madrasah ini juga memiliki enam jenjang kelas dengan 57 siswa. Anak-anak yang bersekolah kebanyakan merupakan anak petani dan nelayan.Persoalannya, proses belajar mengajar di madrasah ini tak optimal karena hanya memiliki dua ruang kelas. Pun ruang kelas ini sederhana, terbuat dari bilik bambu dan seng. Seringkali anak-anak harus belajar bergantian. Biasanya kelas 1 dan kelas 2 pada pagi hari, dilanjutkan jenjang kelas lain dari siang sampai malam hari.MADRASAH INI BUKAN DIBANGUN OLEH YAYASAN ATAU SWASTA, TAPI SECARA SWASEMBADA OLEH MASYARAKAT. Dengan harapan kualitas dan identitas mereka dapat meningkat setiap hari. Tak heran, bangunannya belum permanen, dindingnya terbuat dari kombinasi kayu dan bambu, kerangkanya dari kayu pohon dan atapnya dari asbes. PERLENGKAPAN BELAJAR PUN MASIH SEADANYA. Walaupun demikian, semangat para guru untuk mendidik murid-muridnya tak terhenti karena kondisi ini.Guru-guru madrasah ini masih bercita-cita menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki iman dan taqwa, mahir dalam sains dan teknologi, dan tak lupa menjunjung etika serta mengabdi ke masyarakat kelak. Mereka mengajak TemanBaik bantu mewujudkan pengembangan akses sarana dan prasarana pendidikan yang lebih layak dan memadai bagi madrasah ini. Setidaknya mereka membutuhkan dana sebesar Rp 300 juta untuk membangun empat kelas baru dan renovasi dua kelas yang sudah ada.Ayo TemanBaik! Bantu tingkatkan pendidikan anak-anak di Lembata dengan KLIK "DONASI" sekarang atau dengan SHARE HALAMAN INI di media sosialmu. (ACT/SID)#MimpiDariLembata #TanamKebaikan #TuaiPendidikan
Dana terkumpul Rp 3.313.081
2 hari lagi Dari Rp 300.000.000
Donasi
camp
Pendidikan

Angelia Butuh Bantuanmu untuk Wujudkan Mimpinya

Di distrik Korupun, Yahukimo pedalaman Papua, setiap hari seorang anak berjalan kaki menuju sekolahnya. Semangatnya untuk terus sekolah tidak pernah padam demi bisa mencapai cita-citanya. Mari bantu mimpinya untuk tetap lanjut sekolah!Namanya Angelia Dabla, ia anak ke 2 dari 4 bersaudara dari Bapak Matias Dabla dan Ibu Anita Wahla. Bersama keluarganya, Angelia tinggal di kampung Maningmok, desa Wemin, distrik Korupun, kabupaten Yahukimo, pedalaman Papua. Tahun ini ia bersekolah di TK Sekolah Lentera Harapan (SLH) Korupun. Sepulang sekolah Angelia mencuci tempat makan di sungai bersama teman-temannya. Angelia juga sudah mampu mencuci tangan sebelum makan, mengambil dan meletakkan kembali alat tulis di tempat yang disediakan.Di Korupun rata-rata masyarakat bekerja sebagai petani, termasuk orang tua Angelia. Kehidupan di pedalaman Papua tidak ada penghasilan berupa uang. Mereka makan sehari-hari dari hasil menanam singkong dan ubi atau sesekali waktu berburu dan barter. Mereka belum mengenal dunia modern dan masih hidup dalam kondisi yang terbatas. Dahulu waktu belum ada sekolah anak-anak di pedalaman Papua, hanya mengenal angka 1, 2, 3, hanya mengenal hitam dan putih, belum mengenal warna, belum mengetahui tentang kebersihan seperti mandi, cuci tangan dan kaki, sikat gigi dan keramas. Angelia ingin jadi terus bersekolah untuk menggapai mimpinya menjadi perawat. Kami percaya bahwa setiap anak berhak mendapat pendidikan sebagai langkah awal membangun bangsa. Termasuk untuk anak-anak di pedalaman Papua seperti Angelia.TemanBaik mari kita bantu Angelia untuk bisa mewujudkan mimpi dan harapannya untuk bisa menjadi seorang perawat. Bantuanmu bisa memberikan harapan bagi masa depan Angelia.Kamu bisa membantu Angelia untuk lanjut sekolah dengan cara berikut: Klik “Donasi Sekarang”Isi nominal donasiBoleh memilih donasi lewat mana saja, bisa dengan OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Sakuku, BRI E-Pay dan BCA Klik-Pay. Bisa juga lewat transfer antarbank (BRI, Mandiri, BCA, BNI).Selain itu, kamu juga bisa membagikan link galang dana ini ke orang-orang terdekatmu. Kami percaya kebaikan dan kebahagian akan selalu menyertai mereka yang membantu orang lain. Ini saatnya kamu dapat menanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.
Dana terkumpul Rp 1.881.033
2 hari lagi Dari Rp 36.000.000
Donasi

Pilihan Campaign