Panggilan Mendesak

camp
Pendidikan

Demi Mengajar, Guru Disabilitas Mengarungi Sungai di Pedalaman Sumatera

Hai TemanBaik, kami Yayasan Pesantren Quran Taqwa ingin mengajak TemanBaik untuk membantu Pak Rizal, seorang disabilitas yang mengabdikan diri sebagai guru. Meski masih berstatus guru honorer, dengan penghasilan terbatas, Pak Rizal tetap semangat untuk mengajar para siswa di pedalaman Sumatera Selatan. Pak Rizal harus mengarungi sungai di pedalaman Musi Rawas, Sumatera Selatan selama 1 jam dengan menumpang perahu. Dia harus membayar 200 ribu untuk perjalanan pergi-pulang.TemanKita ini mengajar di SMPN Pasenan Kelas Jauh di Dusun Sri Pengantin, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas. Kelas jauh merupakan kelas yang dibuka di luar sekolah induk bagi siswa yang tidak tertampung di sekolah tersebut, baik karena keterbatasan kursi atau jarak tempat tinggal siswa yang jauh. Untuk kelas jauh yang diampu Pak Rizal ini karena jarak yang jauh. Alamat sekolah induk, tempat Pak Rizal mengajar berada di Dusun Pasenan. Jarak sekolah induk dengan lokasi kelas jauh Pak Rizal sekitar 10 kilometer melalui sungai. Tak ada akses lain untuk menuju lokasi kelas jauh ini selain mengarungi sungai.Dengan kondisi yang terbatas, belum bisa membeli perahu sendiri, Pak Rizal tetap bersemangat untuk mengajar para siswanya di Dusun Sri Pengantin. Membelah sungai tak mengendurkan semangatnya untuk berbagi ilmu dan mendampingi siswa-siswanya. Dia ingin para muridnya bisa mengenyam pendidikan dan kelak menjadi orang sukses, menjadi calon pemimpin bangsa ini.TemanBaik, Yayasan Pesantren Quran Taqwa mengajak TemanBaik untuk berbagi sedikit rezeki untuk bantu Pak Rizal. Salah satunya untuk membantu agar guru disabilitas ini bisa punya perahu sendiri untuk pergi mengajar.Ayo kita tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan dengan cara:1. Klik “Donasi Sekarang”2. Isi nominal donasi3. Pilih berdonasi dengan apa. Lebih praktis dengan OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Sakuku, BRI E-Pay dan BCA Klik-Pay. Bisa juga lewat transfer antar bank (BRI, Mandiri, BCA, BNI).TemanBaik juga bisa #tanamkebaikan dengan cara SHARE link campaign ini di Facebook, Twitter atau Instagram kamu. FORWARD juga ke sahabat dan kerabat kamu di Whatsapp, Telegram, dll.
Dana terkumpul Rp 770.053
1 hari lagi Dari Rp 50.000.000
Donasi
camp
Pendidikan

#KamuTidakSendiri : Satu Juta Kuota untuk Satu Juta Gadis

Bersama Rahasia Gadis, Smartfren, YCAB, dan Benih Baik Bantu Berikan Kuota Gratis ke 1,000,000 Perempuan Muda di seluruh IndonesiaHai TemanBaik!Baca cerita TemanKita di atas rasanya kita beruntung banget ya bisa nikmatin internet, bisa scrolling sosmed sampai ketiduran atau bisa nonton drakor sampai kemalaman. Tapi, ternyata masih ada yang susah payah untuk irit-irit kuota supaya bisa belajar.Sebenarnya, masih banyak banget TemanKita punya nasib yang sama karena ngga punya kuota internet dan membuat mereka kesulitan untuk belajar. Akibatnya, banyak teman-teman kita yang sering ketinggalan pelajaran dan buat nilainya jadi turun.Memang pandemi seperti sekarang seluruh siswa diharuskan melangsungkan kegiatan belajar online di rumah. Namun, ngga semua anak bisa ngikutin sekolah online, apalagi keluarga mereka yang berada di kelas sosial menengah ke bawah, buat cukupi kebutuhan harian saja sudah sulit, ditambah harus beli kuota internet. Disaat kita anggap kuota internet adalah suatu barang yang mudah didapat dan dibeli, tapi bagi beberapa TemanKita adalah barang mahal dan ngga terjangkau.Melihat kondisi ini, kami dari Rahasia Gadis sebuah komunitas online perempuan terbesar di Indonesia membuat suatu inisiatif #KAMUTIDAKSENDIRI: SATU JUTA KUOTA UNTUK SATU JUTA GADIS.Kami juga bekerjasama dengan Smartfren sebagai provider internet dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Harapan kami, donasi kuota ini dapat membantu satu juta perempuan muda Indonesia untuk bisa belajar online dan merasa tidak sendiri menghadapi masalah ini. Supaya gerakan ini lebih meluas, kami tentunya butuh bantuan dari TemanBaik agar 1 juta gadis di Indonesia kurang mampu dapat bisa belajar online dan tetap semangat walaupun belajar dari rumah.Yuk, mari kita dukung gerakan ini dengan cara :Klik “Donasi Sekarang”Isi NominalnyaPilih Metodenya. Lebih praktis DONASI lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, Sakuku dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu KreditSHARE campaign ini dengan menggunakan hashtag #PowerUp. Karena SHARE adalah bentuk kepedulian Terima kasih atas dukungan dan bantuannya. Salam,Tim Rahasia Gadis
Dana terkumpul Rp 130.211.436
3 hari lagi Dari Rp 150.000.000
Donasi
camp
Pendidikan

Bersama Berdayakan Guru

Hai TemanBaik, guru PAUD yang membantu anak usia dini bertumbuh dan berkembang mesti terus membekali diri. Menjadi kreatif dan terus meng-upgrade diri menjadi lebih baik harus dilakukan para guru PAUD. Selain itu, pemberdayaan guru PAUD dalam bidang kewirausahaan pun perlu dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan para guru PAUD tersebut. Di samping mengajar, para guru PAUD bisa memulai usaha dan mengikuti pelatihan-pelatihan kewirausahaan.Denny Rahmalia, pengelola SPS Arrahim Paud Terpadu Assalaam Tablighiyah Garegeh Kota Bukittinggi Sumatera Barat misalnya. Tak hanya mengabdikan diri untuk pendidikan anak usia dini, ia juga mengembangkan usaha catering pelaminan dan tenda sejak tahun 2015 hingga sekarang. Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) ingin ambil bagian dalam upaya pemberdayaan para guru PAUD ini agar mempunyai kehidupan yang lebih baik. HIMPAUDI membuat program teacherprenuership bagi para guru PAUD. Melalui program ini, para guru PAUD bisa mengikuti sejumlah pelatihan seperti pelatihan digital literasi dan digital marketing brand, pelatihan e-commerce, dan pendampingan business. Program pemberdayakan bagi guru PAUD ini berlangsung selama 3 bulan.Ayo kita dukung program teacherprenuership HIMPAUDI agar para guru PAUD bisa mengembangkan diri di bidang kewirausahaan dan meningkatkan kesejahteraannya. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.
Dana terkumpul Rp 103.793.019
5 hari lagi Dari Rp 500.000.000
Donasi

Pilihan Campaign