benihbaik_2020-02-2115822704525e4f87f4533e3.jpg
Pendidikan

Jangankan Mahir Membaca, Anak-anak Semografi Baru Mau Mengenal Buku

Rp 55.291.503 dari Rp 25.000.000

38 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Hai TemanBaik, pernahkah kamu mendengar istilah atau nama "Semografi"? Sepintas di telinga, Semografi adalah istilah atau nama yang keren. Tapi pada kenyataannya, ini adalah sebuah kampung terpencil di Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua. Butuh enam jam jalan kaki dari Distrik Web untuk sampai ke Semografi. Dan itulah satu-satunya cara menuju Semografi. Di sana ada tiga dusun yaitu Dusun Palop, Dusun Sam, Dusun Pull/Pabrab. Letak antardusun pun berjauhan.

 

Kebiasaan anak-anak di Semografi mengikuti orangtuanya yakni berladang dan berburu. Jangan heran kalau mereka sangat mahir menggunakan pisau, jubi, parang, dan kapak. Hidup mereka sangat dekat dengan alam.

 

Bagaimana dengan pendidikan? Itulah soal besarnya. Pendidikan anak-anak di Semografi masih sangat minim. Jangankan bisa duduk di ruang kelas untuk belajar dengan aman dan nyaman; pensil, bolpoin, dan buku adalah barang mewah yang belum bisa mereka pegang setiap hari.

 

Karena itu, sejak 10 April 2016, kami merintis sebuah rumah baca. Rumah baca yang belum punya rumah itu kami namai Jendela Semografi. Tujuan kami mendirikan rumah baca ini tidak muluk-muluk, cukup anak-anak bisa belajar mengenal buku. Setelah itu barulah mengenalkan mereka dengan baca-tulis. Sebab, tidak mudah memenangkan hati anak-anak untuk belajar membaca dan menulis dari pada pergi ke hutan.

 

Awal Jendela Semografi terbentuk, kami dibantu teman-teman dari Buku Untuk Papua dan Tim Nusantara Sehat-I-Puskesmas Ubrub. Kami sama-sama menggalang dana dan buku untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. Namun, setelah dua tahun berjalan, sumbangan buku mulai berkurang. Terutama buku-buku bergambar. Karena anak-anak di sini lebih gemar menggambar dan mewarnai.

 

Meski segala sesuatu tampak terbatas, kami terus berupaya untuk mengembangkan Jendela Semografi. Kami banyak berharap anak-anak di sini bisa terbantu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 


Beberapa waktu lalu, harapan itu sedikit terwujud. Tiga anak yang besar dari Jendela Semografi yakni Karlos Pull, Hasan Pull, dan Yudas Palop melanjutkan pendidikan ke SMP Vilanova Manokwari, Papua.

 

Sekarang kami masih punya pekerjaan rumah yang sangat besar. Mulai dari pengadaan tempat untuk membaca, melengkapi fasilitas seperti kursi, meja, dan papan tulis di rumah baca, memperbanyak buku untuk menggambar, memperbarui buku-buku bacaan, dan masih banyak lagi. Untuk memenuhi keperluan ini kami membutuhkan dana sebesar Rp 25 juta.

 

Kami berharap #TemanBaik bisa berkontribusi melalui BenihBaik.com agar kita sama-sama #wujudkanmimpi anak-anak di Semografi.  Ayo #tanamkebaikan dengan klik DONASI dan SHARE cerita ini ke TemanBaik lainnya. (MP)

 

  • Pencairan Dana Rp 41.052.632

    Ke rekening ****131 a/n GABRIEL PANGAN

    untuk pembelian buku bacaan, rak buku, meja, kursi, laptop dll

    5 hari yang lalu


  • Terima Kasih Untuk Bantuan Dan Dukungan Bagi Rumah Baca Jendela Semografi Papua

    benihbaik_2021-06-25162462220960d5c48191663.jpg

    TemanBaik, terima kasih sekali untuk dukungan dan bantuan bagi kami, Rumah Baca Jendela Semografi Papua. Bantuan dari TemanBaik dan juga pengguna Tokopedia telah kami gunakan untuk pengadaan tambahan buku-buku bacaan dan sarana belajar bagi anak-anak seperti buku mewarnai dan alat tulis. 


    Bantuan ini sangat berarti untuk anak-anak di Rumah Baca Jendela Semografi. Semoga semangat anak-anak untuk belajar dan mengembangkan diri bisa terus menyala. 

    1 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 3.487.472

    Ke rekening ****131 a/n Gabriel Pangan

    untuk Rumah Baca Semografi Papua ini, penggunaan donasi untuk pengadaan buku mewarnai, alat tulis dan buku.

    4 bulan yang lalu


  • Rumah Baca Jendela Semografi, Tempat Anak Belajar Dan Bertumbuh

    benihbaik_2020-06-2915934278585ef9c7928858e.jpg

    Rumah Baca Jendela Semografi membuat penggalangan dana di BenihBaik.com. Kami mengucapkan terima kasih kepada BenihBaik.com dan para donatur dimana pun berada atas bantuannya. 



    Sementara ini, penggalangan dana sebesar Rp 1.300.927 yang telah disalurkan kepada kami belum bisa kami gunakan. Hal ini disebabkan Kebupaten Keerom, Papua merupakan daerah merah corona sehingga kami belum bisa membelanjakan keperluan Rumah Baca jendela Semografi. 



    Setelah keadaan memungkinkan, kami akan membelanjakan donasi tersebut untuk kebutuhan Rumah Baca Jendela Semografi. Kami juga akan meng-update perkembangan/kegiatan di rumah baca ini jika keadaan telah berjalan normal.



    Akhirnya atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan banyak terima kasih, salam dan doa dari Papua.


    1 tahun yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 1.300.927

    Ke rekening ****131 a/n Gabriel Pangan

    Jangankan Mahir Membaca, Anak-anak Semografi Baru Mau Mengenal Buku

    1 tahun yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya