Pendidikan

Kuda Pustaka Lereng Slamet Butuh Dukungan

Rp 380.000 dari Rp 210.000.000

Berakhir

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Ridwan Sururi merupakan seorang perawat kuda yang kemudian juga menjadi pegiat literasi asal Desa Serang, Purbalingga. Ia membuat perpustakaan keliling dengan memanfaatkan kuda. Namanya Kuda Pustaka.

Setiap hari Senin sampai Jumat, Ridwan menyusuri jalan-jalan hingga 8 KM jauhnya di tiga desa di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dengan Luna atau Jermanis, kuda-kudanya. Desa itu yakni Desa Serang, Kutabawa, dan Siwarak. Kadang ia mengajak Luna dan Jermanis sekaligus, yang membawa rak buku kayu di punggungnya. Sejak akhir 2014, Kuda Pustaka sudah ada. Karena cuaca yang kurang bersahabat, Kuda Pustaka mulai berkeliling ke sekolah dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di lereng Gunung Slamet pada Januari 2015.

Awalnya Ridwan hanya menjangkau sekolah dan TPQ di dekat rumahnya yang berjarak 2-3 Km. Seiring waktu, Kuda Pustaka melayani anak-anak di 10 sekolah dan beberapa TPQ untuk peminjaman buku secara gratis. “Karena jarak rumah ke sekolah-sekolah bisa mencapai 8 Km, sering kali saya kehabisan waktu di jalan dan kuda kadang mogok karena kecapekan. Kadang kalau yang tidak terlalu jauh, saya bawa satu kuda. Kadang bawa dua, saya naik Jermanis dan Luna bawa buku. Sampai di sekolah, kuda kecapekan…saya kasihan lihatnya,” ungkap Ridwan.

Keadaan ini membuat Ridwan berencana untuk membeli mobil pick up guna mengangkut kudanya dari rumah ke sekolah atau TPQ, terutama yang berjarak jauh. Ia membutuhkan dana sebesar Rp 210 juta guna membeli mobil pick up tersebut. Ia berharap berharap dengan adanya mobil ini, ia tak kehabisan waktu di jalan dan kudanya tak terlalu lelah. Menurut Ridwan, kuda menjadi salah satu daya tarik bagi anak-anak yang kemudian tergerak meminjam dan membaca buku dari Kuda Pustaka.

Ayo dukung Kuda Pustaka menyebarkan benih baik kepada anak-anak dan masyarakat untuk gemar membaca buku. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.

  • Pencairan Dana Rp 290.500

    Ke rekening ****131 a/n Ridwan Sururi

    Kuda Pustaka Lereng Slamet Butuh Dukungan

    10 bulan yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya