benihbaik_2021-02-031612336537601a4d997fd9b.jpg
Kemanusiaan

NU Peduli Korban Bencana di Indonesia

Rp 3.400.104 dari Rp 20.000.000

62 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
NU Care LAZISNU Identitas terverifikasi user

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Hai TemanBaik, Indonesia kembali berduka di tengah wabah Covid-19. Bencana alam melanda sejumlah wilayah; longsor di Sumedang, banjir Kalimantan Selatan, gempa Sulawesi Barat, banjir dan longsor di Manado, dan erupsi Gunung Semeru Jawa Timur. Korban bencana ini membutuhkan bantuan kita semua. Dalam perkembangan terakhir, hujan lebat yang melanda Jakarta dan sekitarnya sejak Senin, 14 Februari 2021, sampai Sabtu, 20 Februari 2020 juga berdampak banjir di beberapa titik.



Awal Januari, Sabtu (9/1/2021) bencana tanah longsor menimpa Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang. Longsor terjadi 2 kali pada sore dan malam hari. Longsor susulan ini tak hanya membuat warga setempat menjadi korban, tapi petugas yang melakukan evakuasi korban longsor pun terdampak. Setidaknya ada 40 orang meninggal dan 1.020 warga terpaksa mengungsi.


Lima hari berselang, kabar duka datang dari Kalimantan Selatan. Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar daerah di Kalimantan Selatan mengakibatkan banjir yang memakan korban jiwa dan warga mengungsi ke titik-titik pengungsian. 



Tak hanya Kalimantan Selatan, warga Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat juga tertimpa bencana. Gempa bumi mengguncang Sulawesi Barat pada 14/1/2021 dan 15/1/2021. Gempa susulan juga terus terjadi. Akibat gempa di Sulawesi Barat ini, warga meninggal dunia, mengalami luka berat dan ringan, serta terpaksa mengungsi ke tempat yang aman. Selain itu, rumah warga dan bangunan lainnya juga rusak karena gempa yang terjadi.


Musibah tak berhenti di situ. Musibah juga melanda wilayah Sulawesi Utara dan Jawa Timur. Banjir dan tanah longsor terjadi di Manado pada 16/1/2021. Hari yang sama, Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi dan mengakibatkan hujan abu vulkanik di Kabupaten Probolinggo. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, menyebut bahwa Gunung Semeru berada dalam status level II atau “Waspada”. PVMBG juga mengimbau masyarakat sekitar untuk waspada dalam menghadapi adanya intenstitas curah hujan yang tinggi karena dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin.



NU Care-LAZISNU bersama lembaga dan badan otonom (Banom) NU dalam gerakan “NU Peduli Bencana” telah turun ke lokasi bencana dan terus berupaya membantu warga terdampak. Tim NU Peduli melakukan evakuasi, memberi pelayanan kesehatan, dan menyalurkan kebutuhan mendesak untuk warga.



Kami mengajak TemanBaik semua turut peduli dan membantu untuk meringankan beban warga terdampak bencana di sejumlah wilayah Indonesia. TemanBaik dapat membantu dengan cara Klik “Donasi Sekarang”. Kemudian isi nominal donasi. Kamu bisa pilih berdonasi dengan apa:  OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, Sakuku, BCA KlikPay, BRI E-Pay, GoPay, atau transfer antarbank.

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Bantu Campaign Lainnya