benihbaik_2021-05-24162183966660ab4f32639f6.jpg
Kemanusiaan

Tak Ada Jembatan, Anak-anak Menyeberangi Sungai Demi ke Sekolah

Rp 22.944.628 dari Rp 150.000.000

15 hari lagi

Penggalang Dana

user
Sahabat Pedalaman ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Yayasan Sahabat Pedalaman Identitas terverifikasi user
anon
Rekening Penerima Rekening Penerima terverifikasi user

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

“Setiap berangkat sekolah kami selalu bawa baju ganti Kak, karena seragam kami selalu basah…,” ujar Syarif, salah satu siswa di Desa Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.


Hai TemanBaik, Teman-temanKita seperti Syarif dan anak lainnya harus rela seragamnya basah kuyup setiap kali berangkat ke sekolah. Mereka harus menyeberang Sungai Kuis di pedalaman Desa Muara Kulam, Sumatera Selatan sambil mengangkat tas masing-masing di atas kepala agar tidak basah. 



Kadang anak-anak Desa Muara Kulam ini menyeberang dengan menerobos air sungai, berenang, dan kadang juga menyeberang menggunakan rakit yang ditarik dengan tali bila air sungai sedang naik. 



Meskipun demikian, Teman-temanKita ini, tetap bersemangat untuk berangkat ke sekolah demi menimba ilmu. Tawa riang anak-anak tersebut selalu terdengar saat pagi menjelang mereka berangkat ke sekolah.


Sungai Kuis tak hanya memisahkan desa dengan sekolah anak-anak, sungai ini juga memisahkan desa dengan kebun-kebun warga. Warga Desa di sana ingin sekali membangun jembatan agar mudah menyeberang ke sekolah atau ke kebun. Tapi biaya menjadi kendala dalam pembangunan jembatan. Penghasilan warga terbatas dan tak cukup untuk patungan membangun jembatan.



Anak-anak dan warga Desa Muara Kulam berharap pembangunan jembatan bisa terwujud sehingga akses untuk menyeberang sungai lebih mudah dan aman. Sering kali warga merasa khawatir saat menyeberang, apalagi saat anak-anak mereka menyeberang sungai tanpa rakit, takut ada musibah atau hal yang tak diinginkan menimpa anak-anak.


TemanBaik, ayo kita bantu warga desa Muara Kulam membangun jembatan di Sungai Kuis sehingga anak-anak sekolah tak harus basah kuyup setiap kali akan pergi ke sekolah. Dan warga pun bisa lebih aman untuk menyeberang Sungai Kuis.



Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan:

1. Klik “Donasi Sekarang”

2. Isi nominal donasi

3. Pilih berdonasi dengan apa. Lebih praktis dengan OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Sakuku, BRI E-Pay dan BCA Klik-Pay. Bisa juga lewat transfer antarbank (BRI, Mandiri, BCA, BNI).


TemanBaik bisa #tanamkebaikan dengan cara bagikan link galang dana ini di Facebook, Twitter atau Instagram kamu. Dan teruskan juga ke sahabat dan kerabatmu via Whatsapp, Telegram, dll.

  • Pencairan Dana Rp 2.432.104

    Ke rekening ****201000719300 a/n Sahabat Pedalaman

    pembangunan jembatan desa muara kalam

    2 bulan yang lalu


  • Alhamdulillah Anak-anak Dan Masyarakat Desa Bisa Menyebrang Sungai Dengan Rakit Bambu

    benihbaik_2021-09-1516317024986141cde26745f.jpg

    Halo TemanBaik, sudah tau kan kalau anak-anak di Desa Muara Kalam, Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan selalu membawa baju ganti setiap sekolah. Hal ini disebabkan karena seragam sekolah mereka selalu basah setelah menyeberangi Sungai Kuis. Selain itu kadang naik rakit, tapi sudah nggak layak pakai.
    Alhamdulillah, berkat bantuan TemanBaik, anak-anak Desa Muara Kalam kini sudah bisa menyeberangi sungai dengan rakit bambu yang lebih layak. Di sekitar rakit juga dipasang tali supaya rakit tidak hanyut.

    Terima kasih atas bantuannya untuk anak-anak yang semangat buat sekolah ini, yuk kita doakan semoga jembatan yang mereka impikan akan segera terwujud sehingga mereka lebih mudah setiap kali menyeberangi sungai.

    2 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 3.365.104

    Ke rekening ****201000719300 a/n Sahabat Pedalaman

    Penyaluran dana ke penerima manfaat

    4 bulan yang lalu


  • Kondisi Terkini Warga Pesisir Sungai Kuis

    benihbaik_2021-08-02_1627891589_6107a78541dc4.jpg

    Assalamualaikum Sahabat. Semoga kesehatan dan keberkahan selalu menaungi kita semua.

    Sahabat masih ingat dengan sungai kuis? Alhamdulillah relawan kami berkesempatan untuk melihat langsung kondisi masyarakat di sekitarnya.

    Sungai yang bernama lengkap Cinau Muara Kuis ini berada di Desa Muara Kulam, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.


    Sebanyak 250 warga tinggal di pinggiran Sungai Kuis. Sehari-hari mereka  menyebrangi sungai yang menjadi satu-satunya akses warga menuju sekolah ataupun ladang milik mereka.

    Tiap kali sungai naik airnya, warga terpaksa harus menggunakan rakit yang seadanya agar bisa menyebrang. Bahkan mereka rela berenang agar bisa sampai ke tepian.

    Mereka sangat ingin jembatan bisa segera dibangun agar aktivitas mereka menjadi lebih mudah. Namun sayangnya mereka tak punya dana untuk membangun jembatan.

    Saat ini, sembari menunggu jembatan, warga membutuhkan rakit yang lebih layak dan tali agar bisa menyebrang lebih mudah.

    4 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 4.469.086

    Ke rekening ****201000719300 a/n Yayasan Sahabat Pedalaman

    Pembelian Material Jembatan

    5 bulan yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya