Benihbaik_2024-05-31_17171479786659994a8f0e0.jpeg
Lingkungan

Dukung Ibu Mevi dan Perempuan lainnya Dalam Pemulihan Hutan dan Sungai di Jambi

Rp 8.371.026 dari Rp 150.000.000

70 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Petani Swadaya Identitas terverifikasi user
anon
Lokasi Kab. Tanjung Jabung Barat

Ibu Mevi Ayati merupakan sosok ibu rumah tangga dan merupakan ibu 3 dari orang anak. Di Sungai Penoban Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, ia bersama perempuan lainnya, memiliki inisiatif pemulihan hutan yang dikelola oleh Kelompok Perhutanan Sosial.

Selain Kelompok Perhutanan Sosial, di wilayah ini juga, ada kelompok Petani Sawit Swadaya yang telah bersertifikat RSPO yang memiliki program rehabilitasi sempadan Sungai Pengabuan dan Sungai Batang Asam. 

Mengurus rumah tangga, antar jemput anak menjadi keseharian Ibu Mevi dan perempuan lainnya, yang mayoritas adalah istri petani hutan dan buruh perkebunan sawit. Namun, dalam 2 tahun terakhir aktivitas para perempuan bertambah dengan membangun pembibitan di area dan di rumah rumah anggota. Sebagai bagian langkah melakukan pemulihan dan rehabilitasi sungai.

Ibu Mevi menggandeng 70 perempuan lainnya yang terlibat dalam proses pembibitan ini, yang terbagi dalam ada 3 lokasi demplot atau Kelompok Perempuan Pengelola Pembibitan (KP3) di antaranya KP3 Nurul Huda Lestari,  Al-Ikhlas Berkah, dan Mahau Berseri yang juga mulai diinsiasi sejak 2022. 

Para perempuan ini melakukan pembibitan secara generatif dan vegetatif dengan jenis bibit yang dikembangkan    : kopi, kemiri, petai, jengkol, durian, sukun, rambutan, matoa, jambu biji, jambu air, kabau, merica, kelengkeng, kelapa, sawo, duku, jambu, mete, melinjo, jeruk nipis, alpukat, aren, mangga, jeruk sunkist dan belimbing.

Tiga kelompok perempuan pembibitan ini, dikelola para ibu rumah tangga, yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan di kawasannya. Inisiatif para ibu rumah tangga ini bukan hanya tentang rehabilitasi hutan dan Sungai.

Ibu Mevi adalah sosok Perempuan yang menjadi inspirasi, jika  keterlibatan Perempuan dalam hal kecil seperti penyediaan bibit tidak bisa dipandang sebelah mata.

Agar inisiatif ini terus bertumbuh dan berkembang dan mendorong Perempuan lainnya untuk terlibat, maka FORTASBI bersama dengan BenihBaik mendorong inisiatif gotong royong donasi dengan target sebesar Rp 150.000.000. 

Dana hasil dukungan publik ini, ini akan sepenuhnya digunakan untuk mendukung kelompok KP3. Jadi MARI DUKUNG INISIATIF PEREMPUAN JAGA EKOSISTEM dan LINGKUNGAN!!!

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Bantu Campaign Lainnya