benihbaik_2020-03-02_1583137515_FW_5e5cc2ebd93ad.jpg
icon-ceklis
Terverifikasi
CAN Borneo Berupaya Hentikan Deforestasi

Donatur (44)

Berakhir

Dana terkumpul

Rp. 125.996.699
Donasi Telah Berakhir

Conservation Action Network Borneo (CAN Borneo) atau yang dikenal dengan nama Kelompok Aksi Konservasi Alam Borneo ingin membangun satu bangunan persemaian dengan kapasitas 100.000 bibit dan juga membeli 50.000 bibit untuk kegiatan penanaman. Upaya ini untuk melestarikan ekosistem dan keanekaragaman hayati secara berkeadilan melalui upaya penerapan dan mempromosikan praktik-praktik konservasi terbaik yang berbasis kearifan lokal sehingga nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat luas. 

Dana sebesar Rp160 juta dibutuhkan untuk membeli 50.000 bibit dengan harga Rp3 ribu per satuan dan juga untuk membangun bangunan persemaian yang diperkirakan akan menghabiskan dana Rp10 juta. CAN Borneo yang dipimpin oleh Paulinus Kristianto ingin penanaman kembali pohon-pohon di hutan semakin sering dilakukan sehingga deforestasi bisa dihindarkan. Mari bantu CAN Borneo yang berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur menjalankan niat baiknya. 

 

Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.

 


  • Sudah Ada 37.000 Bibit Yang Ditanam Di 4 Lokasi Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

    benihbaik_2020-04-0715862571845e8c5d20a049d.jpg

    “Kami mengucapkan terimakasih atas donasi dari BenihBaik, BRI serta donatur untuk membantu kegiatan restorasi hutan dan lahan yang ada di Kabupaten Berau. Adapun dana tersebut telah kami gunakan untuk biaya pembelian bibit, transportasi dan penanaman. Pembiayaan dan donasi oleh BenihBaik ini mengikuti dalam program triwulan penanaman bibit CAN Borneo pada skema RKT 1 2020” Paulinus Kristianto, Founder CAN Borneo.

     

    TemanBaik, proses restorasi hutan dan lahan yang dilakukan oleh CAN Borneo sudah dilakukan. Saat ini ada 3 lokasi dimana kegiatan tersebut dilakukan yaitu, Kampung Merasa, Long Beliu dan Merabu di Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

    Pada program konservasi lahan hutan ini ada 2 jenis kategori pohon yang dipilih untuk menghijaukan kembali alam Borneo antara lain Pohon Kayu Hutan & Pohon Buah-buahan. Target Bibit pohon yang CAN Borneo sediakan sebanyak 50.000 bibit untuk tahun 2020 ini yang dibagi menjadi 5000 bibit pohon lahung, 10.000 bibit pohon kapur, 5000 bibit pohon ulin & 30.000 bibit pohon buah campuran. Dan pada Triwulan awal 2020 ini sudah ada 37.000 benih pohon yang sudah berhasil disemaikan & ditanam.

    Untuk pertama-tama, benih dari berbagai macam pohon yang sudah dibeli oleh CAN Borneo dilakukan persemaian di Kampung Merasa. Setelah benih berhasil menjadi bibit yang siap ditanam, maka bibit-bibit pohon ini langsung diangkut ke lokasi penanaman yang sudah direncanakan oleh CAN Borneo. Penanaman ini pun dibantu oleh relawan dari warga sekitar, karena mereka senang sekali hutan tempat tinggal mereka selama ini yang sudah mulai gundul akan ditanami begitu banyak pohon yang menyejukan.

    Penanaman pohon ini juga dilakukan dengan mencampur pohon kayu hutan dengan tanaman buah di 1 hektarnya. Menurut perhitungan aka nada 375-500 bibit yang bisa ditanam dalam bidang 1 hektar, dan dari kalkulasi ini maka dengan 37.000 bibit yang ada bisa dilakukan restorasi pada 74 hektar luas lahan. Setelah penanaman 37.000 bibit ini juga CAN Borneo akan selalu melakukan pengawasan dan pengecekan pada perkembangan tanaman di triwulan ke 2 setelah proses penanaman.

    Sebagai catatan untuk TemanBaik, restorasi hutan yang dilakukan oleh CAN Borneo in bukan semata-mata hanya untuk memperbaiki paru-paru Indonesia yang sangat berharga ini. Namun hal ini juga menjadi salah satu solusi mengenai konflik satwa liar dengan masyarakat setempat. Karena dengan penghijauan kembali lahan hutan yang sudah gundul atau terbakar, maka akan mengembalikan fungsi hutan menjadi jalur lintas satwa.

    Kami akan memberikan update lanjutan mengenai kegiatan konservasi hutan ini dalam lama campaign CAN Borneo. Semoga dengan usaha kami ini, alam Borneo bisa kembali asri dan Indonesia bisa lebih bernafas dengan lega.

    1 month ago


  • Can Borneo Akan Terus Jaga Hutan Dan Hewan Langka Kalimantan

    benihbaik_2020-02-2615827076215e5633a5487f8.jpg

    Direktur Conservation Action Network Borneo (CAN Borneo) , Paulinus Kristianto ucapkan terima kasih kepada Donatur BenihBaik.com dan juga BRI yang telah memberikan sumbangan dana untuk rencana penanaman bibit pohon di sejumlah wilayah hutan di Kalimantan. Paulinus juga menyerukan, CAN Borneo tidak hanya peduli dengan hutan di Kalimantan,  namun juga binatang langka di hutan Kalimantan yang terancam akibat pengundulan hutan. Pencairan dana dari donatur sudah dilakukan oleh BenihBaik.com dengan jumlah sementara sekitar 118 Juta lebih beberapa waktu lalu.

    3 months ago


  • Pencairan Dana Rp. 118.752.143

    Ke rekening ****9119 a/n Sdr Paulinus Kristianto

    CAN Borneo Berupaya Hentikan Deforestasi

    3 months ago