benihbaik_2021-06-15_1623722279_PT_60c80927e6f2b.jpg
Usaha Bisnis

Berdayakan Petani Ulat Sutra Kita Bersama KaIND dan TENCEL

Rp 8.185.144 dari Rp 135.000.000

5 hari lagi

Penggalang Dana

user
TENCEL ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
KaIND Identitas terverifikasi user

Fundraiser ( 1 Orang )

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.


user
Bongakian Saya Aku Juga Rumah Ayah Telah mengajak 0 orang berdonasi Rp 0

Jadi Fundraiser

Hai TemanBaik, kondisi sulit yang terjadi akibat pandemi dirasakan oleh Teman-teman Kita petani ulat sutra di wilayah Jawa Timur dan pelaku usaha yang menjalankan produksi benang sutra. Saat ini hanya ada 20 petani sutra yang aktif di Pasuruan dan Malang. Kami,  TENCEL TM dan KaIND bersama BenihBaik mengajak TemanBaik untuk membantu pemberdayaan petani ulat sutra dan membantu produksi benang kombinasi serat TENCEL TM dan sutra eri.



Tahun 2019, kami telah bekerja sama dengan sekitar 250 petani sutra eri di wilayah Malang, Pasuruan, Mojokerto,Tumpang dan sekitarnya. Namun kondisi yang tidak memungkinkan dan adanya pandemi membuat penurunan jumlah petani ulat sutra sampai sekarang hanya tinggal 20 orang saja yang masih aktif. 


Tak mudah bagi para petani untuk menghasilkan serat sutra Eri yang sesuai dengan standar mesin pintal fabrikasi. Serat harus bersih, putih dan hal ini hanya bisa dicapai dengan proses budidaya yang baik, sehingga menghasilkan kepompong sutra yang sehat, putih, bersih dan besar. Budidaya ulat sutra yang dilakukan selama ini juga tanpa membunuh pupa yang dikenal dengan istilah peace silk, sehingga pupa masih bisa bermetamorfosis menjadi ngengat sutra seminggu kemudian.



TemanBaik, kami berharap bisa menghidupkan kembali pendampingan dan pemberdayaan terhadap petani ulat sutra eri sehingga kebutuhan serat sutra bisa terpenuhi dan produksi benang sutra pun bisa terus dilakukan. Kebaikan TemanBaik bisa turut menjaga keberlangsungan budidaya ulat sutra dan pemberdayaan petani ulat sutra selama pandemi ini. Dan produk batik tenun berbahan serat sura pun bisa diproduksi kembali.



Dukungan terhadap pemberdayaan petani sutra eri ini demi memajukan ekonomi lokal, menghidupkan kembali ekosistem sutra eri yang terdampak pandemi COVID-19, dan menginspirasi pelaku bisnis serta komunitas khususnya di industri fashion untuk turut berkontribusi dalam menciptakan ekosistem fashion berkelanjutan.




Ayo tanam kebaikan melalui BenihBaik dengan cara:

1. Klik “Donasi Sekarang”

2. Isi nominal donasi

3. Pilih berdonasi dengan apa. Lebih praktis dengan OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Sakuku, BRI E-Pay dan BCA Klik-Pay. Bisa juga lewat transfer antarbank (BRI, Mandiri, BCA, BNI).


Bagikan juga link galang dana ini melalui Facebook, Twitter atau Instagram-mu. Dan teruskan juga kepada sahabat dan kerabatmu di Whatsapp, Telegram, Line, dll.

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Bantu Campaign Lainnya