benihbaik_2020-11-2516062855345fbdf8de65e5d.jpg
Lingkungan

Kurangi Jejak Karbon #LangkahHijau Dengan Menanam Pohon

Rp 15.329.783 dari Rp 500.000.000

33 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Fasilitator

icon-emisi
World Resources Institute Indonesia Identitas terverifikasi user

Kamu pernah dengar tentang krisis akibat perubahan iklim? Untuk memahaminya, bayangkan seperti lagi main game tetris.


Selama ribuan tahun, bumi kita sudah main game tetris menggunakan balok karbon. Balok karbon masuk ke atmosfer sebagai gas karbon dioksida dari kendaraan yang kita pakai, penggunaan listrik karena film yang kita tonton, orderan makan, atau paket yang dipesan.


Lalu, apa hubungannya dengan perubahan iklim?


Tanpa disadari, aktivitas yang kita lakukan ternyata menghasilkan karbon dioksida dan polutan. Semakin sering kita beraktivitas , semakin banyak balok karbon yang ada di udara.


Kalau sudah kebanyakan, balok karbon ini akan menumpuk di atmosfer dan bisa memerangkap panas dari matahari di dalam bumi. Kalau polutan juga berlebih, kualitas udara akan turun dan beresiko mengganggu kesehatan dan produktivitas kita.


Di saat yang sama, jumlah pohon dan hutan yang semakin berkurang akibat penebangan yang berlebihan, tidak  cukup untuk menyerap blok karbon di atmosfer.

Sejak tahun 1750, jumlah karbon di atmosfer sudah meningkat 40%, dan sampai sekarang tidak menunjukkan tanda-tanda akan melambat.


Sama seperti game tetris, kalau semakin banyak balok karbon dan polutan yang menumpuk, semakin sulit untuk mengembalikan keseimbangan bumi, yang akibatnya cuaca menjadi semakin ekstrem dan sulit diprediksi. Ekosistem alam akan terganggu, es juga mencair, mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Banjir pun semakin sering, dan bisa berdampak buruk pada kesehatan dan perekonomian kita.


Mungkin bisa jadi bumi kita game over!


Nah, terus cara apa yang bisa kita lakukan untuk memenangkan game tetris ini?


Salah satu cara yang efektif adalah dengan pengurangan dan penyerapan karbon. Sederhananya, sebisa mungkin kita ganti gaya hidup yang banyak balok karbonnya, seperti bepergian dan konsumsi secukupnya. Untuk karbon yang belum bisa kita hindari, kita serap kembali dengan cara menanam pohon, karena pohon bisa menyerap karbon ini agar tidak terkandung berlebihan di atmosfer.


Gimana caranya?


Sekarang, Grab sebagai salah satu perusahan ride hailing, mau bantu kalian semua untuk menghitung jejak karbon dan berpartisipasi langsung dalam mengurangi perubahan iklim. Grab menggunakan metode dan mekanisme teknis yang dikembangkan oleh WRI Indonesia.


Kalau kita pakai aplikasi Grab untuk pergi ketemu teman, order makanan, atau kirim barang, jarak itu bisa kita masukkan ke kalkulator karbon dan polutan, lalu otomatis muncul berapa banyak karbon dan polusi yang kita hasilkan dan berapa banyak pohon yang perlu kita tanam. Aksi iklim jadi mudah, bukan?


Nah, mau tahu cara menghitungnya? Simak gambar dibawah ini.

Angka donasi yang disarankan, dihitung dari emisi dari data perjalanan yang kita masukkan di kalkulator. Biaya penanaman pohon didapatkan dari kombinasi biaya penanaman pohon yang ditanam oleh tiga mitra penanam pohon yaitu Carbon Ethics, Forum Konservasi Leuser, dan Mitra Aksi. Donasimu senilai minimal Rp 10 ribu akan seluruhnya digunakan menanam dan merawat pohon untuk menyerap karbon.

Meski perhitungannya sedikit kompleks, kamu tidak perlu pusing. Kamu bisa langsung gunakan kalkulator di bawah ini dan ikut memulai #LangkahHijau.  


Pohon yang kita sumbang nantinya akan ditanam dan dirawat di banyak tempat di Indonesia, yang nantinya bakal melindungi aku, kamu, termasuk miliaran orang di bumi ini dari ancaman perubahan iklim karena lingkungan menjadi lebih hijau.


Yuk mulai dari kita, bersama-sama berikan perubahan untuk bumi dan kehidupan kita sendiri yang lebih baik.


***

Disclaimer


Donasi yang berhasil terkumpul akan dipotong sebesar 5% (lima persen) digunakan sebagai biaya sewa platform BenihBaik.com yang dikelola oleh PT Teman Baik Sejahera.


Biaya administrasi yang dikenakan oleh mitra ketiga penunjang transaksi di BenihBaik.com yang dipotong otomatis untuk per transaksi saat donatur melakukan pembayaran donasi, biaya tersebut terbagi atas:


BCA VA MDR Rp. 3.550

Click BCA  MDR Rp. 4000

Click Pay  MDR Rp. 4.000

Sakuku MDR Rp. 4000

Credit Card Rp. 1.160 6. OVO 1.5%

GOPAY 2%

VA BRI (Sprint) MDR Rp. 4.000

BRI E-Pay MDR Rp. 4.650.

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Yuk hitung kalkulasi karbon emisi kamu

KM

Bantu Campaign Lainnya