Benihbaik_2023-08-18_169232687064dedbd67abf3.jpeg
Kebudayaan

Yuk, Berperan Kembangkan Potensi Tenun Asli Lembata - NTT

Rp 1.665.000 dari Rp 142.000.000

147 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Pengrajin Tenun Lembata Identitas terverifikasi user
anon
Lokasi Kab. Lembata

Menurunya pengrajin tenun di Lembata salah satunya karena belum tersedia fasilitas konservasi yang memadai bagi masyarakat untuk belajar, memproduksi, dan sentra pemasaran produk. 

Hai TemanBaik, 

Pernahkan melihat atau membeli kain tenun asli Lembata, Nusa Tenggara Timur? Tampilan tenun yang khas nan cantik ternyata dikerjakan secara tradisional dan membutuhkan ketelitian serta proses belajar. 

Namun, pengembangan kain tenun di Lembata menemui  masalah utama yaitu regenerasi pengrajin. Saat ini, hanya tersisa satu kelompok dengan pengrajin usia menuju lansia. Sementara, kelompok anak-anak muda belum tertarik dan banyak bekerja/belajar di luar kota.

Padahal, jika budaya menenun diturunkan dengan maksimal bisa menjaga warisan adat leluhur. Karena pengembangan kain tenun mampu menghadirkan manfaat ekonomi. Bayangkan saja, per kain ditaksir dengan harga Rp 1 juta, bergantung pada motif, model dan bahan. 

Melihat potensi kain tenun ini, Pertamina Foundation bersama BenihBaik menginisiasi sebuah program Konservasi dan Pengembangan Tenun Asli Lembata. Yaitu program strategis untuk menyelamatkan salah satu kearifan lokal di Lembata ini. 

Program ini diharapkan bisa mendukung peningkatan ekonomi sekaligus melestarikan warisan budaya sekaligus menjadikan kawasan Lembata sebagai destinasi wisata tematik dengan membangun konsep konservasi alam, terutama paus berbasis ada. 

TemanBaik, yuk berperan untuk tingkatkan pengembangan pengrajin tenun di Lembata dengan cara klik Donasi Sekarang di bawah ini ya! 

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Bantu Campaign Lainnya