benihbaik_2021-06-04_1622787616_PT_60b9c62080525.jpg
Lingkungan

#RethinkButts Jadikan Puntung Rokok Punya Nilai Ekonomis

Rp 5.040.000 dari Rp 100.000.000

Berakhir

Penggalang Dana

user
Rethink Campaign ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Parongpong RAW Lab Identitas terverifikasi user

Seberapa sering kamu menjumpai sampah puntung rokok sehari – hari? Jika kamu menjawab sering, itu karena ada 4,5 triliun sampah puntung rokok yang dibuang setiap tahunnya; yang membuat sampah puntung rokok sebagai sampah yang paling banyak dibuang di dunia! 


Cek infografik berikut untuk tahu info puntung rokok lebih lanjut!

Mengapa puntung rokok sering dibuang sembarangan dan sampahnya tersebar dimana – mana? Keep America Beautiful (KAB) menjelaskan dua alasan spesifik yang menyebabkan hal itu bisa terjadi. Pertama, karena kurangnya kesadaran masyarakat bahwa sampah puntung rokok itu berbahaya, dan yang kedua adalah sedikitnya tempat sampah khusus untuk puntung rokok yang tersedia di fasilitas publik. Tidak hanya itu saja, di seluruh dunia, puntung rokok biasanya tidak diolah di tingkat kota, dan baru sedikit perusahaan yang mengolah sampah puntung rokok. Dengan kata lain, pengelolaan sampah puntung rokok tidak sebanding dengan produksi sampahnya.


The good news is, teman – teman dapat berkontribusi menyelesaikan permasalahan tersebut dengan memikirkan ulang dampak polusi puntung rokok dan bergabung dalam kampanye #RethinkButts! Melalui program ini teman – teman dapat berdonasi dan kami akan menggunakan donasi tersebut untuk mengubah sampah puntung rokok menjadi pot tanaman, sehingga tidak mencemari lingkungan.

Kami akan memproduksi 100 pot tanaman lil besa, hasil kolaborasi dengan Conture Concrete Lab, yang dapat teman – teman miliki untuk menanam benih - benih kebaikan. Kami akan memberikan pot lil besa tersebut beserta kantong sampah kedap organik untuk mengumpulkan sampah puntung rokok, bagi 100 donatur pertama yang menyumbang di atas Rp 150.000!

Lalu, bagaimana cara kami mengolah sampah puntung rokok menjadi pot tanaman?


Evo & Co. dan Parongpong RAW Lab menggunakan kantong sampah kedap organik dari Evoware saat pengumpulan puntung rokok untuk mengantisipasi penularan virus COVID-19 di masa pandemi, mengurangi sampah kantong plastik dan meningkatkan efisiensi & efektifitas pengolahan sampah tanpa mempengaruhi kualitas hasil produk.

Melalui kampanye #RethinkButts ini, kami juga berkolaborasi dengan café, coffee shop, restaurant, hotel dan tempat publik lainnya di Jakarta dan Bandung, untuk mengumpulkan sampah puntung rokok yang akan diolah menjadi pot tanaman. Kantong sampah kedap organik tersebut kemudian didistribusikan kepada mitra pengumpul sampah puntung rokok.


Setelah sampah puntung rokok terkumpul, bekerjasama dengan Conture Concrete Lab, kami mengolah sampah puntung rokok menjadi pot tanaman, menggunakan metode pengolahan sampah hidrotermal oleh Parongpong RAW Lab.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara kami mengolah sampah puntung rokok yang bertanggung jawab, simak infografik berikut:

Kami percaya usaha – usaha kecil yang dilakukan bersama akan memberikan dampak yang besar! Mari kita pikir ulang puntung rokok (#RethinkButts) dari sekarang, dan jadi bagian dari solusi masalah ini dengan cara:

  1. Klik “Donasi Sekarang” 
  2. Isi Nominalnya
  3. Pilih Metodenya. Donasi bisa lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, BRI E-Pay Sakuku, Go-Pay dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu Kredit. 

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Bantu Campaign Lainnya