Benihbaik_2024-02-15_170799446865cded64ce881.jpeg
Hewan

Selamatkan dari Kepunahan! 2 Mamalia Laut dan Penyu Terdampar Tak Bernyawa Tiap Bulan di Bali

Rp 710.000 dari Rp 222.264.000

Berakhir

Penggalang Dana

user
Yayasan Westerlaken Alliance Indonesia ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Yayasan Westerlaken Alliance Indonesia Identitas terverifikasi user
anon
Rekening Penerima Rekening Penerima terverifikasi user

Keberadaan mamalia laut dan penyu sangat penting untuk menjaga keseimbangan populasi hewan lainnya. Faktanya sebagian mamalia laut seperti paus, lumba-lumba, dan hiu paus terancam punah. Hal ini tak lepas dari ulah manusia, misalnya penangkapan ilegal, sampah, polusi, kerusakan laut yang membuat hewan kehilangan tempat tinggal, hingga iklim. 

Yayasan sosial Westerlaken Alliance Indonesia turut mengambil perhatian terhadap kondisi mamalia laut dan penyu yang memprihatinkan tersebut. Berdasarkan analisis mereka, setiap bulan terdapat 2 mamalia laut dan penyu yang terdampar dalam kondisi tak bernyawa di Bali. 

Kondisi mamalia laut dan penyu  yang terdampar tersebut sangat mengenaskan, yaitu sudah tercabik-cabik, terdapat cairan minyak yang sudah keluar dari mulutnya, hingga plastik tersangkut di organ. Oleh karena itu, Yayasan Westerlaken Alliance Indonesia berinisiatif membangun Pusat Rehabilitasi Mamalia Laut dan Penyu terdampar di Perairan Serangan, Denpasar Selatan, Bali. 

Pembangunan pusat rehabilitasi  ini demi menyelamatkan mamalia laut dan penyu terdampar yang berkelanjutan, demi upaya mencegah kepunahan dan berdampak negatif pada ekosistem area Bali Selatan. Tempat rehabilitasi mamalia laut dan penyu menjadi rumah penampungan sementara mamalia laut dan penyu terdampar hidup yang membutuhkan rehabilitasi sebelum dilepas liar. 

Penyelamatan yang dilakukan berupa pertolongan pertama tiap ada laporan hewan terdampar yang hidup kemudian dibawa ke pusat rehabilitasi, dilakukan pemeriksaan dan  perawatan medis pada hewan, pemberian obat-obatan, perawatan nutrisi, latihan fisik, pendampingan secara terus-menerus.

Meski pusat rehabilitasi mamalia laut dan penyu sudah terbangun dengan cukup baik di Perairan Serangan, namun gerakan penyelamatan ini berkelanjutan dan membutuhkan dana lebih. Kebutuhan diantaranya untuk  penyelamatan mamalia laut dan penyu yang terdampar baik hidup atau mati, rehabilitasi, pembersihan sampah mengapung, meningkatkan SDM dengan cara edukasi, peningkatan sarana dan prasarana.

#TemanBaik, mari bersama kita turut mengambil peran dalam penyelamatan kepunahan mamalia laut khususnya di Bali Selatan dengan cara klik Donasi Sekarang di bawah ini!

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Bantu Campaign Lainnya