Usaha Bisnis

Yuk Belanja Di Pasar Dongko!

Rp 20.047.871 dari Rp 237.000.000

Berakhir

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.


Saya sengaja berangkat pukul 5 pagi dari rumah, heran juga kok kulinernya udah ada yang habis…

 

“Iya… awalnya dapet info dari grup WA tentang Pasar Dongko… menarik banget… saya dan keluarga sengaja menginap di penginapan dekat-dekat sini agar bisa menikmati Pasar Dongko dari pagi. Kalau jalan dari Bandung ga akan keburu soalnya…”

Apa sih Pasar Dongko? Pasar Dongko adalah Pasar Sekebun yang sudah berjalan selama 10 bulan ini. Sekebun sendiri merupakan program kolaborasi sosial antara warga Gang Abdul Kodir, Tanah Baru-Bogor, Salam Rancage, dan DPC Himpunan Alumni IPB Kota Bogor. Ada tiga sebab pasar ini dinamakan Pasar Dongko. Pertama, dalam Bahasa Sunda, dongko artinya merunduk. Kedua, secara filosofis dongko memperlihatkan sikap rendah hati dan penghormatan kepada orang lain. Ketiga, DONGKO merupakan singkatan dari Dagangan OraNg Gang KOdir.

Kalau TemanBaik cari video-video Pasar Dongko di Youtube atau lihat foto-foto di Fanpage Pasar DONGKO bakal ngerti kenapa Pasar Dongko perlu di scale up dan kenapa Sekebun Fresh Market ajak semua TemanBaik untuk ikut berpartisipasi dalam program ini.

Scale Up Pasar Dongko akan difokuskan pada beberapa hal. Pertama, Sosialisasi. Mulai dari sosialiasi kepada warga-warga Gang Seroja (sebelah Gang Kodir) sampai persiapan pembukaan lahan, kebun, dan ruang hidroponik. Biaya sosialisasi berkisar Rp 10 juta. Kedua, Penyiapan Fasilitas. Pengadaan benih dan bibit, pot, pupuk, media hidroponik dll setidaknya dibutuhkan Rp 123 juta. 

Ketiga, Pelatihan. Baik pelatihan berkebun, pelatihan hidroponik, pembuatan pupuk, pengolahan pangan, dan standarisasi produk. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 54 juta. Keempat, Dokumentasi. Hal ini penting agar spirit dan nilai-nilai Pasar Dongko dapat menyebar ke seluruh Indonesia, menjadi inspirasi baru. Biaya yang dibutuhkan untuk dokumentasi sekitar Rp 50 juta. Total Scale Up Pasar Dongko membutuhkan biaya sebesar Rp 237 juta.

Tentu saja biaya ini tak seberapa dibanding manfaat yang muncul dari kehadiran Pasar Dongko. Dengan berpartisipasi disini, TemanBaik juga berkontribusi untuk mengurangi penggunaan plastik, mengurangi penggunaan pestisida, dan membudayakan diri hidup sehat. Paling penting ikut memberdayakan masyarakat. 

Tunggu apalagi TemanBaik, KLIK “Donasi” di layar smartphone masing-masing atau SHARE cerita inspirasi soal Pasar Dongko ke TemanBaik lainnya. Kapan lagi TemanBaik dapat berpartisipasi membuat #WargaSejahtera lewat #SayurBaik #BuahBaik dan #PanganBaik dari #PasarBaik (SID)

 

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Bantu Campaign Lainnya