benihbaik_2021-02-2716144049636039dd631a0b9.jpg
Pendidikan

1 Siswa 1 Laptop: Saatnya Semua Siswa SMK Punya Komputer

Rp 19.455.056

91 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Siswa SMK di Indonesia Identitas terverifikasi user

“Kalau saya punya laptop, saya ingin mempelajari dan memperdalam ilmu saya di bidang desain visual, editing foto atau video, animasi dan ilmu kejuruan saya yang lain. Selain itu juga saya akan memakai laptop ini untuk keperluan sekolah yang lain.”



Namanya Arsyad. Ia siswa SMK Forward Nusantara di Cijantung, Depok yang saat ini sulit mendapat laptop. Padahal dia membutuhkannya untuk mengasah keterampilan desain visual yang ia minati.


Arsyad perlu belajar mandiri untuk bisa mahir. Ia tak bisa selamanya mengandalkan fasilitas sekolah yang terbatas waktu dan jarak. Jika punya laptop, ia berharap bisa terus belajar di mana saja dan kapan saja.

Namun, sang ayah yang bekerja sebagai driver ojek online, tak mampu menyediakan. Laptop adalah barang mewah bagi keluarga Arsyad.


Tak hanya Arsyad, banyak dari siswa-siswa SMK Fornus punya nasib yang sama. Mereka sulit meningkatkan keahlian karena tidak semua punya komputer di rumah. Padahal saat ini,  ahli desain visual atau coding banyak dicari dan bisa dipelajari tanpa perlu sekolah tinggi. Peluang kerjanya besar. Dengan komputer di hadapanmu, siapa pun bisa terus mengembangkan diri.

“Jika kamu ingin mengubah seseorang, berikanlah dia alat yang tepat sehingga ia akan berusaha mengubah dirinya dengan belajar menggunakan alat itu,” kata Buckminster Fuller, seorang arsitek dan visioner abad 20.


Demi menjembatani kebutuhan ini, Codingcamp.ID dan dan SMK Fornus, bersama BenihBaik, melaksanakan program 1 Siswa 1 Laptop untuk siswa-siswa SMK yang membutuhkan agar bisa berdaya, berkarya dan meraih masa depan.

Kami berharap Arsyad dan siswa-siswa SMK yang kurang mampu segera mendapat komputer dan mendapat pelatihan komputasi sesuai minat masing-masing.


TemanBaik bisa membantu program ini karena selain komputer, mereka juga memerlukan pelatihan komputasi seperti desain dan coding, sebelum mereka lulus dari SMK. Kamu bisa ikut kontribusi dengan cara:

  1. Klik “Donasi Sekarang”

  2. Isi nominal donasi

  3. Pilih donasi dengan apa (OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, Sakuku, BCA KlikPay, BRI E-Pay, GoPay, Transfer Bank dll)

Dengan membantu program ini, berbahagialah karena kamu telah membantu siswa-siswi SMK yang membutuhkan dengan ilmu, akses komputer serta literasi digital untuk masa depan yang gemilang. 

  • Pencairan Dana Rp 736.843

    Ke rekening ****131 a/n SMK Forward Nusantara

    Pencairan dana digunakan untuk biaya transportasi donasi laptop KLINE sebanyak 103 desktop dan PC

    4 bulan yang lalu


  • K-line Donasikan 102 Komputer Untuk Smk Di Depok & Sekitarnya

    benihbaik_2021-06-10162329951260c195b83aab6.jpg

    Jakarta, 10 Juni 2021 : sebanyak 102 set komputer  didonasikan oleh K-Line pada Rabu, 9 Juni 2021 di SMK Forward Nusantara yang bekerja bersama dengan BenihBaik.com dan Codingcamp.id.

    K-Line atau dikenal dengan Kawasaki Kisen Kaisha, Ltd adalah sebuah perusahaan transportasi asal Jepang. Perusahaan ini memiliki sejumlah jenis kapal, seperti kapal kargo kering (kapal muatan curah), kapal peti kemas, kapal pengangkut LNG, kapal Ro-Ro, kapal tanker minyak, serta terminal peti kemas. K-Line merupakan perusahaan pengapalan dan transportasi terbesar ke-14 di dunia. 

    Dalam implementasi program pertama ini, masyarakat melalui dana publik di tautan https://benihbaik.com/campaign/1-siswa-1-laptop dan dana korporasi, bergotong royong mengumpulkan donasi serta perangkat laptop, notebook, dan komputer untuk sepuluh SMK yakni: SMK Atlas, SMK Bina Rahayu, SMK Islamiyah Serua, SMK Muara Ilmu, SMK Forward Nusantara, SMK Tirtajaya, SMK Al-Wahyu, SMKN 1 Depok, SMK Nurul Iman, dan SMK Yapia.

    "Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan BenihBaik.com dan CodingCamp.id atas kesempatan bagi perusahaan kami, K-Line untuk menyumbangkan komputer bagi siswa-siswi SMK yang membutuhkan. Kami berharap dengan adanya inisiasi kebaikan ini, masa depan para siswa-siswi SMK akan semakin terbuka lebar, " ucap Goichi Tsuruta, President Director K-Line.Goichi Tsuruta, President Director K-Line.

    102 komputer itu diterima dengan baik oleh perwakilan penerima manfaat, Kepala SMK Forward Nusantara, Danan Wuryanto Pramono. "Atas nama teman-teman, saya mewakili 10 sekolah yang menerima bantuan ini mengucapkan terima kasih. Ini hanya merupakan simbolis saja, segera didistribusikan ke sekolah yang jadi tujuan donasi," ucapnya. 

    Bagi Codingcamp.id, hal ini adalah salah satu upaya yang berangkat dari ide sederhana. "Ini adalah ide sederhana yang kemudian disambut baik oleh mitra. Saya ada sedikit cerita, kantor di Jakarta dan Indonesia ini sesungguhnya memiliki banyak komputer yang sudah tidak terpakai namun masih bisa dimanfaatkan. Ke depannya saya juga mengajak kantor-kantor yang memiliki komputer tidak terpakai, kami dengan senang hati akan memperbaiki dan akan membantu menyalurkan pada adik-adik yang membutuhkan," kata Kurie Suditomo selaku Founder dari Codingcamp.id.

    BenihBaik.com berharap pendistribusian komputer ini mampu membantu siswa yang kurang mampu membeli sarana pendidikan ini dan mendorong kesuksesan para siswa. "Di sini kita memang ingin membantu teman-teman dan adik-adik di SMK untuk memiliki source yang lebih dengan menggunakan komputer. Karena kita tahu pendidikan adalah salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan. Ini bahkan bisa mengentaskan kemiskinan untuk beberapa generasi. Harapannya teman-teman di sini yang kita bantu kemudian menjadi sukses bisa mengangkat lingkungannya bukan hanya dia sendiri tetapi bisa menciptakan lapangan pekerjaan, mengangkat keluarganya juga, karena lebih jauh kita berharap angka kemiskinan bisa berkurang," kata Anggit Hernowo, salah satu founder BenihBaik.com.

    4 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 5.625.001

    Ke rekening ****131 a/n Yayasan Benih Baik Indonesia

    pencairan biaya operasional donasi dari KLINE untuk monitoring dn reporting program penyaluran satu siswa satu laptop yaitu 102 desktop

    4 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 315.790

    Ke rekening ****131 a/n Mochamad Aliyun Rizky

    pencairan dana untuk kebutuhan operasional seremoni, membuat sertifikat serah terima dan giant check untuk simbolik seremoni dengan K-LINE

    4 bulan yang lalu


  • 70 Unit Laptop Disalurkan Untuk Calon Desainer Grafis Andal Indonesia

    benihbaik_2021-05-18162131103960a33e3f8fe41.jpg

    TemanBaik, ada berita gembira dari BenihBaik.com yang bekerja sama dengan CodingCamp.id bertajuk Satu Laptop, Satu Siswa. Pada 6 Mei 2021, sebanyak 70 laptop telah diserahkan untuk siswa yang berasal dari golongan prasejahtera tersebut dapat mengakses berbagai materi ajar yang tersedia gratis di internet demi memperluas bakat dan minat.



    Aktivitas penyerahan ini dilakukan di SMK Forward Nusantara untuk sepuluh sekolah menengah kejuruan yakni yakni: SMK Al Ihsan, SMK Forwad Nusantara, SMK Multicomp, SMK Pelita Ilmu, SMK Salafiyah Syafi'iyyah, SMK Walisongo 2, SMK Wisata Harapan Masa, SMK Broadcast Mahardika, SMK Kesehatan Bhakti Insani, dan SMK Tunas Multi Raya. 



    Dalam program ini, para siswa juga akan menerima beragam pelatihan komputasi, seperti pelatihan coding dan desain visual, yang akan menjadi penunjang produktivitas dan literasi digital demi  meningkatkan nilai serapan di dunia kerja.



    Kita pahami, keberadaan ahli coding dinilai sangat penting untuk membangun dan mengembangkan industri digital di Indonesia agar bergerak lebih maju. Untuk itu, kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang ahli dalam bidang coding juga harus dibentuk sedini mungkin. Di sisi lain, peran grafis desainer juga dinilai memiliki andil besar dalam kemajuan industri kreatif tanah air, dimana mereka berkelindan kuat dengan branding, materi tampilan, desain katalog dan masih banyak lagi. Tentunya, keberhasilan para desainer juga akan memberikan pengaruh besar terhadap subsektor ekonomi kreatif lainnya. 




    TemanBaik, terima kasih atas donasi yang telah diberikan. Kita masih punya waktu sembilan hari lagi sejak Selasa (18/5) untuk terlibat dalam kampanye ini. 


    5 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 2.125.044

    Ke rekening ****131 a/n SMK Forward Nusantara

    Pencairan digunakan untuk program tahap 1 pengadaan satu siswa satu laptop yang akan disalukran kepada SMK Forward Nusantara

    6 bulan yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya