benihbaik_2020-06-3015935032595efaee1b67c35.jpg
Hewan

Ayo Selamatkan Kukang Sumatra

Rp 2.358.971 dari Rp 100.000.000

32 hari lagi

Penggalang Dana

user
Rudianto Sembiring ceklis Identitas terverifikasi

Hai Teman Baik! Setiap tahun, tidak kurang dari ratusan bahkan ribuan Kukang Sumatera (Nycticebus Coucang) yang menjadi objek perburuan untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan, bahan, atau media mitos untuk obat tradisional. Teman Kita pengelola Pusat Rehabilitasi Kukang Sumatera Indonesia Species Conservation Program (ISCP) berharap tindakan ini dihentikan. Dan kita bersama-sama bisa melestarikan satwa ini.

Teman Kita membutuhkan bantuan Teman Baik semua untuk membuat tempat rehabilitasi dan pelestarian Kukang Sumatera. Bantuan yang terkumpul akan digunakan untuk program pelestarian kukang, mencakup upaya penyelamatan, rehabilitasi, dan pelepas-liaran.

Selama ini, tak sedikit dari Kukang Sumatera yang akhirnya mati di tangan pemburu, pedagang, bahkan di pemelihara. Proses pemburuan yang kejam ini membuat gigi kukang dicabut paksa, dijadikan hewan peliharaan, dan bagian tubuh mereka dijadikan alat untuk obat tradisional atau perdukunan (pelaris atau pelet) yang mana hal ini hanyalah mitos belaka.

Dari tahun ke tahun sejak ISCP berdiri di akhir tahun 2016, ISCP bersama BKSDA Sumatera Utara dan Aceh sudah melepas liarkan lebih dari 75 Kukang Sumatera dari hasil penyitaan dan perdagangan. Penyelamatan Kukang Sumatera dan satwa liar lainnya dilakukan oleh ISCP di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Aceh, dan daerah Sumatera lainnya. Jumlahnya terus meningkat dan banyak dari mereka yang kondisi kesehatannya kurang baik ketika didapatkan,misalnya mengalami mal nutrisi, sakit mata, dan gigi yang rusak. 

Kegiatan yang seharusnya bisa berjalan maksimal ini, masih mengalami kendala karena kondisi pusat rehabilitasi Kukang Sumatera yang dimiliki ISCP masih terbatas, mulai dari fasilitas yang belum memadai hingga terbatasnya sumber daya manusia yang memadai. Hal ini membuat ISCP mengkhawatirkan pengaruhnya kepada kesejahteraan satwa sebelum dilepas-liarkan.

Oleh karena itu ISCP menginginkan satu tempat rehabilitasi yang terpusat dan terintegrasi dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai disekitarnya untuk membantu penyelamatan dan perawatan para satwa tersebut. ISCP memiliki komitmen penuh untuk mendukung pemerintah dalam upaya penyelamatan, konservasi satwa dilindungi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Untuk memaksimalkan kerja ISCP, dibutuhkan biaya untuk biaya operasional, pembangunan empat unit kandang, serta satu unit pusat edukasi Kukang Sumatera. Total biaya yang dibutuhkan untuk mendukung pelestarian Kukang Sumatera ini yaitu Rp 100.000.000,-.

Yuk, bantu pelestarian Kukang Sumatera melalui BenihBaik.com. Seluruh hasil donasi yang terkumpul akan digunakan untuk program pelestarian kukang, mencakup upaya penyelamatan, rehabilitasi, dan pelepas-liaran. Selain membantu donasi, kamu juga bisa turut andil dalam penyelamatan kukang dengan menyebarluaskan pesan ini. Ajak orang terdekatmu untuk berbagi ke sesama, termasuk hewan seperti Kukang Sumatera.

  • Akhirnya "butet,biring,adi,ani,karona Dan Jeni Pulang Ke Habitatnya

    benihbaik_2020-10-1616028370365f895a2cad3a2.jpg

    Setelah hampir 3 bulan, 6 ekor kukang Sumatera dengan nama: "KARONA" "BUTET & BIRING", "ADI & ANI" dan "JENI", ditambah 1 ekor kukang Sumatera Tanpa Nama dilepasliarkan ke dalam kawasan hutan konservasi yang aman di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, pada tanggal 15 Oktober 2020.


    Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh Donatur #benihbaik dan #sahabatISCP yang terus mendukung kami dalam pelestarian dan penyelamatan kukang sumatera dan satwa liar lainnya.
    Salam hangat
    Admin ISCP

    1 bulan yang lalu


  • Rencana Pelepasliaran 6(enam) Individu Kukang Sumatra

    benihbaik_2020-10-0816021412945f7ebc6ed3a54.jpg

    Rabu 7 Oktober 2020,sesuai update info terdahulu bahwa sebelum pelepasliaran 6 individu Kukang Sumatra yang saat ini masih direhabilitasi di center ISCP yang akan direncanakan dilepasliarkan nantinya akan dicek kembali kesehatan kukang SUmatra.

    Pada hari rabu ke 6 ( enam ) individu kukang menjalani pengecekan /pemeriksaan tahanp pertama yang dilakukan oleh 2 dokter hewan(Drh) Bksda Sumut yaitu Drh Sari dan Drh Shella dan adik adik calon dokter hewan dari Intintut Pertanian Bogor (IPB ) yang juga ikut melihat dimana mereka sedang melaksanakan PKL di BKSDA Sumut memeriksa kondisi pisik ke 6 individu kukang yaitu :'Karona,"Adi & Ani",Butet & Biring" dan "Jeni".dan pemeriksaan berjalan dengan baik,semua individu kukang juga kondisinya dalam keadaan baik /sehat.

    Hasil Koordinasi tim ISCP danBKSDA Sumut rencananya ke 6(enam) individu Kukang SUmatra Ini akan dilepasliarkan pulang ke rumah mereka di alam/hutan konservasi kawasan BKSDA sumut dijatwalkan antara tanggal 14 atau tgl 15 oktober 2020 nanti.

    Untuk itu kami lembaga ISCP/YPKSI tetap mengharapakan doa dan dukungan sahabat baik dan para donatur yang baik agar semua rencana yang sudah dijatwalkan berjalan dengan baik nantinya..dan juga mohon dukungan dan donasi untuk merealisasikan rencana pembangunan pusat rehabilitasi kukang Sumatra dan satwa liar lainnya di penggalangan dana kami di link Benihbaik dot com ini.: 

    Wassalam dan salam lestari

    Admin ISCP

    1 bulan yang lalu


  • Kembali 1 Individu Kukang Terselamatkan Di Aceh

    benihbaik_2020-09-0615993606395f544e7f935db.jpg

    Atas laporan informan ISCP di Aceh satu individu kukang sumatra dipelihara secara illegal di  desa isaq j, kec isak, kabupaten Aceh tengah,provinsi Aceh,jumat 4 september 2020..tim perwakilan ISCP di Aceh bersama BKSDA resort Aceh tengan langsung turun ke lokasi dan mengamankan kukang tersebut dan memberikan peringatan keras kepada warga bahwa Kukang adalah satwa yang sudah masuk satwa atau hewan yang dilindungi dan tidak dibenarkan diburu,ditangkap dari habitatnya ataupun dipelihara oleh masyarakat.

    Selain membantu donasi, kamu juga bisa turut andil dalam penyelamatan kukang Sumatra dan satwa liar lainnya dengan menyebarluaskan link penggalangan dana ini. Ajak orang orang terdekatmu untuk menjadi bagian dari penyelamat satwa liar secara tidak langsung bersama kami dan pemerintah.
    Salurkan bantuanmu dengan cara buka link ini: https://benihbaik.com/campaign/ayo-selamatkan-kukang-sumatra

    Klik Tombol "DONASI SEKARANG"
    Masukan Nominal yang ingin didonasikan
    Dapatkan laporan via email Anda

    Terima kasih dan salam lestari
    Admin ISCP

    2 bulan yang lalu


  • 'kalau Bukan Kita Siapa Lagi'-kembali 1 Individu Kukang Sumatra Terselamatkan.

    benihbaik_2020-08-2815986005915f48b58f4fe9e.jpg

    Rabu tanggal 26 Agustus 2020, tim ISCP dan Bksda Aceh  melakukan sosialisasi terhadap  masyarakat di sekitar desa Pegasing Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh tengah tentang satwa liar yang dilindungi dan pada hari yang sama kemudian ada masyarakat bernama Syukurdi menyerahkan dengan suka rela 1 (satu) individu kukang Sumatra jenis kelamin jantan dengan estimasi usia kukang 5-7 thn yang sudah dipelihara sekitar 2 minggu setelah mengetahui dari program sosialisasi dan penyadartauan yang dilakukan tim BKSDA Aceh bersama perwakilan ISCP Aceh, bapak syukurdi juga tidak tau menau terkait satwa tersebut dilindungi.

    Setelah kesehatan kukang dicek dan  masih sehat dan masih memiliki sifat liar ,langsung dilepasliarkan di kawasan hutan konservasi Aceh tengah dengan aman.

    Trimaksih kami ucapkan buat BKSDA Aceh,tim ISCP perwakilan Aceh,Semua orang baik dan masyarakat yang sudah mengetahui dan memahami dari program sosialisasi dan penyadartauaan baik langsung maupun tidak langsung bahwa Kukang Sumatra dan satwaliar lainnya yang  dilindungi terselamatkan dan pulang ke habitat mereka.

    Yuk bantu ISCP Selamatkan Kukang Sumatra dan satwa liar lainnya, melalui donasi di link kami di kita bisa dot com ini yang tinggal 5 hari lagi..

    Terima kasih donatur dan sahabat baik semuanya

     

    Salam benih baik dari kami

    Admin ISCP

    2 bulan yang lalu


  • Ibu Dan Anak Kukang Sumatra, Berhasil Di Selamatkan

    benihbaik_2020-08-2215980697795f409c135144d.jpg

    Kembali, atas kerjasama yang luar biasa dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, ISCP berhasil menyelamatkan 2 (dua) individu Kukang Sumatra dari tempat pemeliharaan secara ilegal di salah satu rumah warga di Aceh Tengah, Provinsi Aceh. (Kamis/20 Agustus 2020)

    Kedua individu Kukang tersebut, merupakan Ibu dan Anak, yang berjenis kelamin betina, dan diperkirakan usia indukannya berusia 5 tahun dan anaknya berusia 7 bulan.

    Dari keterangan warga yang memelihara kukang tersebut, Kedua individu Kukang ini baru dipeliharanya dalam kurun waktu 1 (satu) bulan.

    Setelah melakukan cek kesehatan dan berkordinasi dengan tim gabungan BKSDA Aceh, dinyatakan kedua kukang tersebut kondisinya dalam keadaan sehat dan sifat liarnya masih terlihat agresif dan sehingga bisa langsung untuk dilepasliarkan ke alam.

    Keberhasilan penyelamatan 2 (dua) individu Kukang ini, ini menjadi keprihatian kita bersama bahwa pemeliharaan satwa liar dilindungi masih banyak dilakukan oleh masyarakat.

    Kami berharap, seluruh masyarakat dan sahabat baik dimana pun berada bisa turut berperan dan berpartisipasi dalam menjaga kelestarian kukang dan habitatnya.

    Karena peran serta kita semua, merupakan wujud kerjasama yang tidak tidak terputus sehingga terus berkelanjutan dalam upaya pelestarian Kukang dan jenis satwa liar lainnya yang terancam punah.

    Bantu Kami Selamatkan Kukang Sumatra, melalui donasi di link Benihbaik.com ini.

    Trima kasih dan salam lestari
    ISCP admin

    #bantukamiselamatkankukangsumatra #saveslowloris #givingtoday #donation #orangbaik #benihbaik #sahabatkukang #sahabatbaik #wildlifeconservation #sahabathijau #Indonesia #Sumatra

    3 bulan yang lalu


  • Kami Kukang Sumatra Mengucapkan:"happy Orangutan Internasional Day 2020"

    benihbaik_2020-08-1915978195865f3ccac26753d.jpg

    Hello,,nama saya BIRING..anakan Kukang Sumatra yang disita oleh BKSDA Sumatra utara bulan Juli 2020 lalu bersama Ibu saya dan saat ini saya masih direhabilitasi oleh tim ISCP dan sudah mulai bisa belajar memanjat kesana kemari di ranting ranting dahan enrichment kandang habituasi di pusat rehabilitasi Kukang Sumatra ISCP.
    Melalui tim ISCP kami yang juga masih masuk angota spesies Primata mengucapkan selamat HARI ORANGUTAN INTERNASIONAL kepada sahabat kami sesama Primata golongan kera besar yaitu semua species Orangutan baik itu OU Sumatra,OU Tapanuli dan OU Kalimantan yang mana setiap tahun diperingati HARI ORANGUTAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL ORANGUTAN DAY) pada tanggal 19 Agustus.

    Yuk sahabar dan orang baik sisihkan rejeki sahabat Kukang Sumatra semuanya agar kami tetap leastari bersama sahabat kami orangutan sebagai rantai ekosistem di alam melalui link :https://benihbaik.com/campaign/ayo-selamatkan-kukang-sumatra

    wassalam dan salam lestari
    Admin ISCP

    #OrangutanDay
    #bantukamiselamatkankukangsumatra
    #saveslowloris
    #hutankita
    #temanbaik
    #orangbaik
    #orangutan
    #benihbaik

    3 bulan yang lalu


  • Kemerdekaan/freedom Untuk Kukang Sumatra!!!!

    benihbaik_2020-08-1615975803915f39246789c4e.jpg

    Salah satu hal yang sampai hari ini menguatkan kami adalah keresahan akan kondisi Kukang-Kukang yang terus kami yakini masih banyak dipelihara dan diperdagangkan oleh masyarakat, serta kami yakini juga kondisinya setelah kami terima dalam keadaan  sakit, cacat, maupun cedera. 

    Keresahan kami tersebut, sangat mengkhawatirkan, betapa tidak. Bagaimana populasi mereka kian hari kian mengkhawatirkan. 

    Dikarenakan, perburuan dan menjadikan kukang hewan peliharaan sangat mengancam hidup mereka. Mereka ada beberapa jengkal lagi dalam kepunahan, dan bangsa ini akan kehilangan kebanggannya sebagai bangsa yang mempunyai keberagamaan satwa endemik, salah satunya Kukang Sumatra. 

    Saatnya, ANDA berpartisipasi dan dukung secara langsung kemerdekaan Kukang Sumatra di hari kemerdekaan bangsa ini yang ke 75 Tahun. 

    Karena dengan memerdeka-kan Kukang Sumatra, berarti kita telah memberikan kesempatan Kukang-Kukang ini melanjutkan fungsi ekosistemnya dalam menjaga hutan untuk kehidupan manusia dan specis-specis lain di dalamnya.

    Ayo Merdeka-kan Kukang dari lapar dan haus

    Ayo Merdeka-kan Kukang dari ketakutaan dan stress 

    Ayo Merdeka-kan Kukang dari ketidaknyamanan

    Ayo Merdeka-kan Kukang dari sakit dan penyakit 

    Ayo Merdeka-kan Kukang dengan mengekspresikan perilaku normalnya. 

    MARI KITA TUNJUKAN MERAH PUTIH DI DADA KITA.. 

    Bantuan ANDA melalui donasi akan membantu kami meningkatkan kesejahteraan hidup bagi Kukang yang membutuhkan pertolongan. 

    MERDEKA... MERDEKA... MERDEKA..

    SELAMAT DIRGAHAYU KEMERDEKAAN RI YG KE 75 BAGI KITA SEMUA..

     

    Salam Lestari

    ISCP Admin

    3 bulan yang lalu


  • Yuk Bantu Kami Untuk Perawatan Dan Pakan 6 Individu Kukang Yang Sedang Di Rehab Di Center Iscp

    benihbaik_2020-08-0815968590915f2e22d32e906.jpg

    Kepada Yang Terhormat :
    Semua Sahabat ISCP dan Donatur yang Baik..

    Situasi pandemik Covid-19 yang masih berlangsung saat ini di Indonesia dan juga di dunia, membuat roda perekonomian tidak bergerak dan kondisi ini membuat seluruh aspek kehidupan menjadi sulit, demikian juga halnya dengan lembaga konservasi ISCP.

    Saat Ini ada sekitar 6 (enam) ekor individu Kukang yang kami rawat dan rehabilitasi di center ISCP dari hasil penyitaan perdagangan satwa liar dan juga pemeliharaan satwa liar yang menjadikan kukang sebagai hewan peliharaan illegal yang disita otoritas satwa liar terkait bersama ISCP pada awal dan akhir bulan Juli 2020.

    Adapun ke 6 (enam) ekor individu Kukang ini kami beri nama : "KORONA" 1 (satu) ekor Kukang jantan yang disita awal Juli 2020, "ADI" & "ANI" sepasang Kukang yang disita tanggal 29 Juli 2020, kemudian kami beri nama "JENI" 1(satu) ekor kukang betina yang disita tanggal 29 juli 2020 serta "BUTET & BIRING" indukan beserta anaknya yang disita tanggal 30 Juli 2020.

    Selama menangani perawatan Kukang di pusat rehabilitasi, setidaknya 1 (satu) ekor Kukang membutuhkan biaya sebesar minimal Rp. 300.000/bulan.

    Jumlah ini akan semakin besar bila Kukang membutuhkan penanganan medis seperti operasi ataupun memiliki kesempatan untuk dikembalikan lagi ke habitatnya.

    Kami tahu semua orang telah terpukul secara finansial dimasa pandemik Covid-19 ini, tetapi kami masih PERCAYA dan YAKIN, bahwa masih banyak ORANG BAIK yang mau PEDULI dan bahu-membahu memberikan donasi untuk meringankan beban untuk biaya pemberian pakan dan perawatan ke 6 (ekor) individu Kukang Sumatra yang masih dalam perawatan dan rehabilitasi di center ISCP.

    SAHABAT BAIK dimana pun KAMU berada, bantu kami untuk menyelamatkan Kukang-Kukang ini.

    Dengan berdonasi, kamu telah menjadi bahagian Orang Tua Asuh mereka, karena telah menyelamatkan kelangsungan hidup Kukang-Kukang ini.

    Ayo..berikan donasi kecil Kamu, melalui link penggalangan kami di benih baik dot com yaitu di:https://benihbaik.com/campaign/ayo-selamatkan-kukang-sumatra

    Terima kasih dan Salam Lestari

    Indonesian Species Conservation Program

    3 bulan yang lalu


  • Lagi 2 Individu Kukang Sumatra Di Selamatkan Bksda Sumut & Iscp

    benihbaik_2020-08-0215963682885f26a5a02216a.jpg

    Kronologis Penyerahan Satwa Liar yang dilindungi Undang-undang jenis kukang sumatera  (Nycticebus coucang) sebanyak 2 ekor di Jl. Ring Road Medan*
    1. Pada tanggal 30 Juli 2020 pada pukul 17.00 saya mendapat informasi terkait adanya temuan satwa liar di terminal Pinang Baris. Sdr. Rudianto Sembiring (ISCP) menjelaskan bahwa satwa tersebut telah ditemukan oleh provos pratu A. Panjaitan.
    Beberapa menit kemudian saya mendapat informasi yang sama oleh Sdr. Bobi Handoko (Sumeco).

    2. Pada saat kejadian posisi saya berada di setia budi. Dan kendara dinas saya di kantor balai. Saya dengan inisiatif sendiri atas pertimbangan keselamatan satwa saya minta di jemput Sdr. Rudianto Sembiring (ISCP). Dan langsung ke kaveleri bersama2.

    4. Sebelum masuk ke kaveleri saya berjumpa dengan Sdr. Bobi Handoko (Sumeco) dan berdiskusi bersama.

    5. Hasil diskusi, saya dan tim Sumeco masuk dan berkordinasi dengan Provos pratu A. Panjaitan.

    6. Informasi dari Provos pratu A. Panjaitan barang satwa tersebut ditemukan di dalam kardus diterminal Pinang baris. Karena tahu satwa tersebut di lindungi undang2. Satwa tersebut langsung di amankan.

    7. Pada pukul 17.50 anggota dari Provos pratu A. Panjaitan memberikan satwa tersebut ke saya. Pada saat saya menawarkan untuk melakukan berita acara serah terima secara tertulis, yang bersangkutan engan dan tidak berani. Tanpa berpikir panjang saya menerima satwa tersebut disaksikan oleh Sdr Rudianto Sembiring dan Sdr Bobi Handoko.

    8. Dari pengamatan Sdr. Rudianto Sembiring satwa tersebut induk dan anaknya dalam keadaan sehat. (Foto satwa terlampir)

    9. Pada pukul 19.30 saya menitipkan satwa Pusat rehabilitasi Kukang Sumatra ISCOP di desa Rumah Pilpil Kecamatan Sibolangit ,Sumatera Utara dan membuatkan berita acara penitipan satwa. Dan di teken oleh saya dan Sdr. Rudianto Sembiring. (Foto terlampir) untuk direhab sebelum dilepasliarkan nantinya ke alam berkoordinasi dengan BKSDA Sumut.


    Demikian Kami laporankan kronologis penyerahan satwa liar ini dan kami ucapkan terima kasih.

    salam Lestari

    ISCP admin

    3 bulan yang lalu


  • Bksda Sumut Bersama Iscp Menyelamatkan 3 Individu Kukang Dan 1 Ekor Elang Hitam

    benihbaik_2020-07-3115962013105f24195e362e1.jpg

    Rabu (29 Juli 2020), Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Sumatera Utara (BBKSDA Sumut), didampingi kerjasama tim ISCP bersama Tim Human – Orangutan Conflict Rescue Unit (HOCRU), Yayasan Orangutan Sumatra Lestari – Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) melakukan penyitaan dan penyelamatan 3 (tiga) individu Kukang Sumatera dan 1 ekor elang hitam yang dipelihara masyarakat di tempat obyek wisata di Dusun Namo Mbiring Desa Belinteng, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat.
    Penyelamatan satwa tersebut dilakukan melalui pendekatan persuasif kepada salah seorang masyarakat yang memelihara satwa dilindungi di sebuah tempat obyek wisata dikawasan tersebut.

    Kami sangat sedih, lagi-lagi Kukang dijadikan hewan peliharaan dan dipertontokan kepada para wisatawan yang datang ke tempat itu.

    Padahal, padahal sebenarnya satwa liar sangat sulit dijadikan hewan peliharaan.

    Karena sering sekali salah dalam melakukan perawataan hingga bisa menyebabkan sakit hingga berujung pada kematian satwa itu.

    Dari penyelamatan tersebut dan setelah di identifikasi jenis kelaminnya, dari 3 individu kukang yang kami selamatkan, 2 ekor diantarnya betina dan 1 ekor jantan.

    Kondisinya, 1 ekor badannya terlihat kurus dan harus di rawat/rehab kembali agar sebelum dilepasliarkan ke alam, kukang tersebut dalam keadaan sehat.

    Sahabat Kukang...yuk bantu kami terus untuk menyelamatkan Kukang - Kukang tersebut dari kepunahan akibat kerusakan habitat, perburuan dan perdagangan untuk pemeliharaan.

    Salam lestari
    admin ISCP

    3 bulan yang lalu


  • Keseimbangan Antara Kemanusiaan Dan Konservasi Kukang Sumatra!!

    benihbaik_2020-07-2515956824035f1c2e6341f75.jpg

    Warga desa Rumah pilpil kurang lebih sebanyak 999 KK sesuai data sensus penduduk thn 2007 (data sensus penduduk desa rumah pilpil):data penduduk warga desa Rumah pilpil dan warga desa kurang mampu di keseluruhan desa rumah pilpil kurang lebih 20-30 % menurut estimasi kami dan juga pusah rehabilitasi Kukang Sumatra ISCP berada di desa ini.Dan bantuan yang kami berikan adalah di satu dusun yang mana mereka menyewa atau tinggal di tanah atau lahan pemerintah desa Rumah pilpil dan sewaktu waktu apabila tanah digunakan pemerintah desa maka mereka akan siap sedia pindah dari lokasi ini.warga desa ini begitu dekat dengan kami/ISCP dan merupakan sudah kami anggab sebagai kluarga dimana umumnya mata pencarian mereka adalah menganyam keranjang bambu untuk dijual kepasar,buruh harian lepas di pertanian,buruh bangunan dan berdagang kecil kecilan..demikian juga perwat kukang di pusat rehab ISCP ini juga kami rekrut dari warga desa yang kurang mampu disekitar center ISCP.Kami sangat bangga dengan perawat satwa yang kami rekrut dari desa ini dimana ikut andil dalam menjaga kukang dan juga khususnya berperan membantu 1 individu indukan kukang sumatra yang pernah disita bksda untuk sementara direhab di center iscp dan berhasil melahirkan 1 bayi kukang yang kemudian dilepasliarkan ke alam bersama indukannya ke alam Kukang lahir di center ISCP pd thn 2018

    Kami ingin membantu saudara kami yang kurang mampu di sekitar pusat ISCP pada bantuan tahap pertama pd tgl 30 juni 2020 dan bantuan tahab kedua sudah kami salurkan tgl 23 juli 2020kmrin. Dengan menyediakan kebutuhan pokok bagi mereka selama dua bulan ke depan seperti:Beras, gula, susu, minyak, dan telur , pembersih tangan/hand sanitizer,sabun mandi dan dukungan untuk gaji satu perawat kukang di pusat rehabilitasi Kukang Sumatra ISCP selama 2 bulan pada bantuan tahap kedua nantinya.Untuk sementara dana kami keluarkan dari dana ISCP yang juga sangat terbatas tapi oleh karena kami merasa peduli dengan warga desa yg kurang mampu ini maka kami coba sisihkan sedikit dana lembaga kami dan mudah mudahan kedepannya dana talangan ini bsa diambil kembali dari dana penggalangan di benih baik dot com untuk mendukung operasional penyelamatan kukang sumatra kembali.

    Kami tahu semua orang,Sahabat ISCP,Sahabat kukang dan para donatur di benih baik com telah terpukul secara finansial, tetapi kami yakin masih bisa menyisihkan sedikit rejekinya untuk membantu kami bahu membahu untuk meringankan beban keluarga / desa kurang mampu di sekitar pintu masuk pusat rehabilitasi ISCP yang perekonomiannya terkena dampak pandemi Corona dengan bergabung memberikan sumbangan kecil Anda hari ini dan hari berikutnya melalui tautan :selamatkan kukang sumatra di penggalangan dana kami di bebihbaik dot com.

    Akhir kata kami berharap kepada para pendukung atau para donatur yang baik untuk mengikuti arahan dan rekomendasi yang diberikan Pemerintah Indonesia dalam upaya mengurangi risiko penularan Covid-19. Semoga dengan menerapkan ketaatan, kita semua tetap dalam kondisi sehat dan melewati situasi krisis ini.

    Dari tempat kami, kami juga berpesan untuk terus mendukung upaya perlindungan habitat dan keberlangsungan hidup satwa liar agar tidak terulang wabah atau pandemi serupa di masa depan.Dan juga tetap sama sama bahu membahu membantu kemanusian khususnya warga desa yang kurang mampu yang tingal dikawasan penyangga hutan dengan kata lain ""Humanity and conservation balanced'

    Wassalam & salam lestari
    Indonesian Spesies Conservation Program

    4 bulan yang lalu


  • Bantu Kami & Dukung Merawat "karona"!!!

    benihbaik_2020-07-1115944849685f09e8e88aad1.jpg

    Berdasarkan informasi dari Kepala Desa Kolam, Kecamatan Sei Percut, Kabupaten Deli Serdang, ada warga yang memelihara kukang selama 3 bulan. Dia melaporkan ke BKSDA Sumatera Utara dan kemudian BKSDA Sumut menghubungi ISCP pada hari Jumat 10/2020 untuk bekerjasama dan menyelamatkan kukang yang dipelihara warga tersebut.

    Hari ini, Sabtu 11 Juli 2020 BKSDA Sumatera Utara bersama-sama dengan ISCP mengamankan kukang dari warga desa Kolam tsbt dan tim memeriksa jenis kelamin kukang tersebut adalah jantan.

    Sekilas,kukang yang malang ini terlihat tidak terluka dengan giginya yang masih utuh. Namun, setelah mengamati dan melakukan pemeriksaan kesehatan, proporsi tubuhnya terlalu kurus dan kurang asupan nutrisi dengan sedikit bulu rontok. Oleh karena itu, kukang ini membutuhkan rehabilitasi di pusat rehabilitasi ISCP dan juga sesuai anjuran tim BKSDA Sumut, yang membantu menyelamatkan individu kukang tersebut. Kukang jantan ini kami namai "Karona" yg sedikit mirip namanya dengan "Corona"untuk mewakili penyelamatan spesies yang terus menerus di situasi pandemi virus korona yang masih berlangsung saat ini di beberapa belahan dunia dan termasuk di Indonesia.

    Tentu saja, kesuksesan "Karona" tidak akan tercapai tanpa dukungan dan doa semua teman ISCP atau Sahabat kukang.

    Terima kasih kepada semua #orangbaik,#benihbaik dan donatur ISCP untuk semua dukungan yang telah dilakukan untuk perjuangan ISCP sebagain bagian salah satu lembaga pelayan konservasi di Indonesia bersama teman teman lembaga pemerhati satwa liar lainnya yang ada di seluruh Indonesia. Peran Anda sangat berharga untuk menyelamatkan kukang dan satwa liar lainnya di Indonesia dari berbagai ancaman.

    Selain membantu dengan donasi, Anda juga dapat berkontribusi untuk menyelamatkan kukang dengan menyebarkan pesan ini. Undang dan ajak teman dan keluarga Anda agar Anda tidak menjadi bagian dari rantai perdagangan kukang dengan tidak membeli dan tidak memelihara kukang dan satwa liar lainnya.

    Terus dukun kami dan donasikan sedikit rejeki teman teman melalui penggalangan kami di Benihbaik dot com link dibawah ini:

    https://benihbaik.com/campaign/ayo-selamatkan-kukang-sumatra

    Salam hangat & Salam Lestari

    IndonesiaSpecies Conservation program

    4 bulan yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya