Benihbaik_2021-09-07_163099776561370d0588e50.jpeg
Pendidikan

Bantu Akses Pendidikan Melalui Program Adik Bintang

Rp 33.642.059 dari Rp 250.000.000

7 hari lagi

Penggalang Dana

user
Hoshizora Foundation ceklis Identitas terverifikasi

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

“Susah kak (pembelajaran daring selama pandemi)! Kadang ada materi yang dijelaskan sama guru, kadang hanya diberikan tugas langsung saja sehingga jawaban benar-salah tidak diberitahu. Belum lagi, ini handphone satu dipakai berdua bergantian dengan adik saya. Bahkan adik pernah beberapa kali ditegur guru karena paginya tidak mengikuti pelajaran soalnya handphone dipakai saya.” ungkap Adik Sita dari Yogyakarta.

(Foto Adik Bintang saat melaksanakan pembelajaran daring dari rumah)

Ungkapan hati Adik Sita merupakan satu dari jutaan harapan anak-anak di Indonesia yang menghadapi kesulitan selama pembelajaran daring. Berdasarkan survei yang dilaksanakan oleh Hoshizora Foundation di tahun 2020 menunjukkan bahwa 30% Adik Bintang (siswa-siswi penerima beasiswa) mengalami kesulitan untuk memahami materi selama pembelajaran online dan 12% mengalami kendala koneksi internet. Sementara itu, menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sendiri, ada 20% sekolah yang menyatakan bahwa sebagian siswa tidak memenuhi standar kompetensi akibat pembelajaran jarak jauh. Mereka diduga mengalami learning loss atau penurunan kemampuan belajar. Hal ini sangat beresiko meningkatkan angka putus sekolah di Indonesia.

Sejak tahun 2006, Hoshizora Foundation hadir sebagai sebuah yayasan non-profit untuk membantu mengurangi angka putus sekolah di Indonesia melalui program beasiswa pendidikan bagi Adik Bintang. Program ini memastikan bahwa lebih banyak anak-anak dari keluarga pra-sejahtera dapat mengakses pendidikan yang layak. Hingga kini, Hoshizora telah mendukung 2681 Adik Bintang (penerima beasiswa) yang tersebar di 19 provinsi dan 32 kabupaten di Indonesia untuk bisa melanjutkan sekolah, serta 723 Adik Bintang yang berhasil menyelesaikan sekolahnya hingga jenjang 12 tahun. Selain dukungan dana pendidikan, program beasiswa juga mencakup program pengembangan kapasitas untuk mendorong Adik Bintang agar dapat menemukan potensi diri, berjuang untuk mewujudkan mimpinya, dan berkontribusi kepada lingkungannya.

Dengan pendidikan yang baik, maka setiap anak Indonesia dapat memaksimalkan potensi dan mewujudkan impian mereka, sehingga memiliki masa depan yang lebih baik.

Saat ini, pandemi datang membawa tantangan yang semakin besar bagi lebih banyak anak-anak Indonesia. Kebutuhan biaya pendidikan semakin besar, selain buku dan perlengkapan belajar, anak-anak juga perlu membeli gawai dan kuota internet yang nominalnya tidak sedikit. Belum lagi kesulitan memahami materi pembelajaran daring saat belajar dari rumah. Hal ini menuntut mereka untuk beradaptasi dengan kondisi baru yang tidak mudah. Jangan sampai hal ini mengurangi semangat Adik Sita dan anak-anak Indonesia lainnya untuk tetap belajar dengan efektif walau dalam kondisi pandemi saat ini.

Yuk, berkolaborasi bersama Hoshizora Foundation agar lebih banyak anak Indonesia dapat mengakses pendidikan yang layak dan kembali semangat bersekolah! Bantu mereka mewujudkan mimpi lewat donasimu dengan cara:

  1. Klik ‘Donasi Sekarang’

  2. Masukan nominal donasi

  3. Pilih metode pembayaran (transfer bank atau kartu kredit)

Setiap donasi yang diberikan akan membantu anak-anak Indonesia selangkah lebih dekat untuk menggapai impian mereka. Ini saatnya kita bersama berkontribusi bagi masa depan generasi Indonesia yang lebih cerah!

  • Support #TemanBaik Bantu Adik Bintang Terus Semangat Belajar dan Mengembangkan Diri

    benihbaik_2021-09-02_1630565577_613074c9951e8.jpg

    Hallo #TemanBaik!

    Terima kasih ya atas donasi yang telah kalian berikan untuk mendukung pendidikan Adik Bintang (adik asuh dari keluarga pra-sejahtera). Berkat bantuan kalian, Adik Bintang bisa terus belajar dengan semangat. Selain dalam bentuk beasiswa pendidikan, penggalangan dana melalui kampanye ini telah dan akan terus disalurkan untuk pelaksanaan program pengembangan kapasitas bagi Adik Bintang. Program ini membantu memfasilitasi Adik Bintang menemukan potensi diri, merangkai mimpi, dan menumbuhkan kepercayaan diri untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

    Salah satu kelas pengembangan diri bagi Adik Bintang di Hoshizora Foundation adalah Obrolan Pulang Sekolah (OPS). Kelas OPS merupakan kelas pengembangan diri bagi Adik Bintang jenjang SMA/SMK yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Di tahun 2021 ini, telah dilaksanakan sebanyak dua kali dengan topik Personal Development dan Financial Literacy.

    Di kelas OPS - Personal Development, Adik Bintang belajar untuk memahami perubahan yang terjadi akibat pandemi, tantangan yang dihadapi, serta bagaimana bisa beradaptasi. Mereka diajak untuk mengerti cara membangun diri dan memperjuangkan mimpi meski pandemi sedang terjadi. Selanjutnya, di kelas OPS - Financial Literacy, Adik Bintang belajar memahami konsep ‘keinginan’ dan ‘kebutuhan’ agar menjadi pribadi yang bijak dalam mengelola keuangan. Walaupun kedua kelas OPS dilaksanakan secara daring, namun tidak mengurangi sedikitpun antusiasme Adik Bintang untuk belajar.

    #TemanBaik, kami juga ingin menyampaikan kabar gembira bahwa ada 140 Adik Bintang yang telah berhasil lulus jenjang SMA/SMK tahun ini. Lewat acara selebrasi Hoshizora Graduation 2021, kami memberikan pembekalan kepada mereka tentang aktualisasi diri agar siap berkarya di tahapan kehidupan selanjutnya. Doakan para alumni Adik Bintang agar dapat menjadi pribadi yang semakin gemilang dan terus berprestasi ya!  

    Sekali lagi, terima kasih telah mengambil bagian dan berkontribusi untuk memperjuangkan akses pendidikan yang layak kepada anak-anak Indonesia! 

    1 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 27.503.026

    Ke rekening ****131 a/n Yayasan Bintang Langit

    dana untuk kebutuhan pendidikan, program education resilience yang ranahnya ada di access to education, teaching method and materials, teacher's adaptability, student's adaptability, dan parental

    10 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 5.260.001

    Ke rekening ****131 a/n yayasan Bintang Langit

    Reky Martha - Membantu Beasiswa Melalui Program Adik Bintang

    1 tahun yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya