benihbaik_2019-12-0315753678065de6347e0afdd.jpg
Kemanusiaan

Peduli Sahabat Difa Di Roemah Difabel Semarang

Rp 1.175.062 dari Rp 100.000.000

11 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Hai TemanBaik,


Lahir dari proses dan perjuangan memiliki anak berkebutuhan khusus, Komunitas Sahabat Difabel Semarang atau KSD berdiri pada tahun 2014. Empat perempuan yang memprakarsai berdirinya Komunitas Sahabat Difabel adalah Noviana Dibyantari, Lani Setyadi, Siwi Parwati dan Windy Aryadewi. Komunitas Sahabat Difabel menjadi sarana yang bisa membantu dan memfasilitasi para orangtua dengan anak-anak berkebutuhan khusus. 

Awalnya KSD menggunakan halaman Balaikota Semarang, Jawa Tengah  untuk mengenalkan ragam kegiatan difabel pada masyarakat, juga melakukan kampanye saat car free day. Saat ini, KSD memiliki basecamp atau tempat berkegiatan di Jl. MT Haryono 266 Semarang Tengah, yang disebut Roemah Difabel atau Roemah D atau RD.

Tempat ini awalnya rumah keluarga milik Prof. Dr. J. Hardhono dan Grace Susanto. Sejak 8 April 2016 rumah ini menjadi rumah bagi Sahabat Difa, sebutan untuk orang berkebutuhan khusus di sana. Aneka pelatihan dan pemberdayaan sahabat difa dilakukan di Roemah D.

Di tempat ini, Sahabat Difa mengikuti pelatihan rutin seperti calistung (baca, tulis dan berhitung), pelatihan dasar berbahasa Inggris, pelatihan komputer, menjahit, pelatihan sulam pita dan sulam benang, pelatihan mengolah perca, membuat hasta karya dengan de coupage, membuat mini album foto, belajar seni kolase, hingga pelatihan membuat sandal hotel. 

Sahabat Difa juga mendapat pelatihan fotografi, olah vokal, drum dan keyboard bagi anggota. Pun mereka mengikuti pelatihan berkala yang bekerja sama dengan pihak luar seperti pelatihan mengolah bandeng, pelatihan mengolah perca, pelatihan kewirausahaan dan lain-lain, pengenalan bahaya narkoba untuk Sahabat Difa.

Ada 75 anggota aktif Sahabat Difa dengan berbagai latar belakang dan jenis disabilitas yang dilayani Roemah D: disabilitas daksa, disabilitas netra, disabilitas intelektual, tuli maupun disabilitas sensorik. Untuk memenuhi kebutuhan Sahabat Difa yang dilayani, Roemah D memerlukan dana sebesar Rp 100 juta dalam setahun guna menunjang kegiatan pelatihan dan pemberdayaan serta sosialisasi kepada masyarakat.

Teman Baik, ayo kita dukung Sahabat Difa untuk terus berkarya dan berdaya. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.

  • Pencairan Dana Rp 112.000

    Ke rekening ****131 a/n Noviana D Or Lani Setyadi

    Roemah Difabel - Peduli Sahabat Difa di Roemah Difabel Semarang

    1 tahun yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya