benihbaik_2020-09-18_1600428808_PT_5f649b088d1d5.jpg
Kemanusiaan

Satu Keluarga, Satu Pohon Duren

Rp 1.006.877.776 dari Rp 2.000.000.000

56 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Hai TemanBaik, bagi kamu pecinta buah durian atau duren pasti sudah tak asing dengan duren Bawor khas Banyumas. Saat ini, pemberdayaan ekonomi desa dengan program berbagi bibit duren Bawor Banyumas terus dikembangkan.


Durian Bawor Banyumas dikenal memiliki beberapa keunggulan seperti mudah dibudidayakan, rasa khas manis, legit, ukuran buah jumbo, daging tebal dan tekstur lembut. Selain itu, masa panen buah cepat dan banyak serta harga kompetitif. 


Kita bisa merasakan nikmatnya buah duren Bawor berkat kreativitas Sarno Ahmad Darsono, seorang guru sekolah dasar di Alas Malang, Kemranjen, Banyumas. Sarno yang terobsesi dengan durian sejak kecil ini memadukan 20 jenis durian lokal dengan teknik okulasi. 


Saat ini, penanaman pohon duren Bawor khas Banyumas menjadi salah satu program untuk pemberdayaan ekonomi warga desa di wilayah Kabupaten Banyumas. Andy F Noya terlibat dalam pemberdayaan ekonomi ini yakni untuk program pengadaan bibit durian Bawor Banyumas bagi warga desa dan petani duren Banyumas.


Pada 2017, Andy F Noya berkenalan dengan Kepala Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas- Jawa Tengah, Rasim. Saat itu Rasim mendapatkan penghargaan Presiden sebagai Kepala Desa Berprestasi dalam pemberdayaan ekonomi desa, dimana penyerahan penghargaan dilakukan melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 


Sejak itu, Andy F Noya terlibat dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi desa dan pesantren di Desa Langgongsari. Salah satu di antaranya adalah program pembibitan pohon duren Bawor khas Banyumas sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi warga desa melalui program “Satu Keluarga, Satu Pohon Duren”.


Program bertajuk “Satu Keluarga, Satu Pohon Duren” ini sudah dilaksanakan di Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas sejak 2018. Masyarakat sudah mendapatkan manfaat dari program tersebut. Melalui program pemberdayaan ekonomi itu, setiap Kepala Keluarga menerima satu sampai dua bibit pohon duren untuk ditanam dan dirawat di halaman rumah.


Setelah pohon berbuah dan panen,  hasil panen akan diserap oleh Bumdes/Koperasi untuk dipasarkan. Awalnya pembagian hasil penjualan duren 60% untuk Bumdes dan 40% untuk warga, tapi sekarang ini pembagian hasil 100% untuk warga desa dengan harga yang disepakati.


Pemberdayaan ekonomi desa di wilayah Banyumas melalui pembagian bibit pohon duren Bawor Banyumas terus dikembangkan di desa-desa lain di Banyumas. Lokasi pemberdayaan tahap pertama akan dilakukan di 7 desa di wilayah Kabupaten Banyumas, 3 desa di Kecamatan Cilongok: Desa Cikidang, Desa  Rancamaya, Desa Sakawera dan 4 desa di Kecamatan Karanglewas: Desa Tamansari, Desa Karanggude Kulon, Desa Babakan, dan Desa Sunyalangu.


Andy F Noya mengajak TemanBaik untuk berbagi kebaikan dengan warga desa di wilayah Banyumas dengan berbagi bibit duren Bawor Banyumas, “Satu Keluarga, Satu Pohon Duren”. Sumber bibit durian Bawor Banyumas ini berasal dari pembibitan yang dilakukan oleh Paguyuban Petani Duren Desa Langgongsari. Saat ini tersedia 13.186 bibit pohon siap tanam dengan harga per pohon Rp 165.000.


Ayo kita dukung pemberdayaan ekonomi warga desa dan petani durian Banyumas dengan berdonasi melalui BenihBaik.com. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.

  • Pencairan Dana Rp 735.255.026

    Ke rekening ****131 a/n RASIM

    Pencairan dana program "Satu Keluarga, Satu Pohon Duren" dari BRI untuk pembelian sebanyak 4320 bibit Duren Bawor, di 3 desa di Banyumas: Tamansari, Cikidang, Rancamaya

    1 hari yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya