benihbaik_2020-09-18_1600428808_PT_5f649b088d1d5.jpg
Kemanusiaan

Satu Keluarga, Satu Pohon Duren

Rp 1.589.517.776

43 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Kalau ngomongin soal Durian atau Duren, ada orang-orang yang menikmatinya karena rasanya ada juga yang tidak suka karena baunya menyengat, tapi tahukah kamu? kalau di beberapa desa di Banyumas, buah duren menjadi salah satu penyumbang ekonomi masyarakat desa tersebut lho. 

Duren Bawor khas Banyumas dikenal memiliki beberapa keunggulan seperti mudah dibudidayakan, rasa khasnya yang manis, ukuran buah jumbo, daging tebal dan tekstur lembut. Selain itu, masa panen buah cepat dan banyak serta harga kompetitif. 

Kita bisa merasakan nikmatnya buah duren Bawor berkat kreativitas Pak Ahmad Darsono, seorang guru sekolah dasar di Alas Malang, Kemranjen, Banyumas. Hal ini berangkat dari cerita personal beliau yang terobsesi dengan duren sejak kecil, yang kemudian membawanya mencoba memadukan 20 jenis duren lokal dengan teknik okulasi. 

Saat ini, penanaman pohon duren Bawor khas Banyumas menjadi salah satu program untuk pemberdayaan ekonomi warga desa di wilayah Kabupaten Banyumas. 

CEO BenihBaik, Andy F Noya juga terlibat dalam pemberdayaan ekonomi lewat program pengadaan bibit duren Bawor Banyumas bagi warga desa dan petani duren Banyumas.

Pada 2017, Andy F Noya berkenalan dengan Kepala Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas- Jawa Tengah, Rasim. Saat itu Rasim mendapatkan penghargaan Presiden sebagai Kepala Desa Berprestasi dalam pemberdayaan ekonomi desa.

Sejak itu, Andy F Noya terlibat dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi desa dan pesantren di Desa Langgongsari. Salah satu diantaranya adalah program pembibitan pohon duren Bawor khas Banyumas melalui program “Satu Keluarga, Satu Pohon Duren”.

Program bertajuk “Satu Keluarga, Satu Pohon Duren” ini sudah dilaksanakan di Desa Langgongsari, sejak 2018. Melalui program pemberdayaan ekonomi itu, setiap Kepala Keluarga menerima satu sampai dua bibit pohon duren untuk ditanam dan dirawat di halaman rumah.

Setelah pohon berbuah dan panen, hasil panen akan diserap oleh Bumdes/Koperasi untuk dipasarkan dan warga desa menerima pembagian hasil 100% sesuai harga yang disepakati.

Keberhasilan program ini di Desa Langgongsari diharapkan juga bisa dirasakan oleh desa lain di Banyumas  yang mana hal ini akan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat desanya lebih baik lagi. 

Nantinya program ini akan diterapkan ke desa lain yakni 7 desa di wilayah Kabupaten Banyumas, 3 desa di Kecamatan Cilongok: Desa Cikidang, Desa  Rancamaya, Desa Sakawera dan 4 desa di Kecamatan Karanglewas: Desa Tamansari, Desa Karanggude Kulon, Desa Babakan, dan Desa Sunyalangu.

Lewat Program ini BenihBaik mengajak TemanBaik untuk mewujudkan kesuksesan program ini. Ayo kita dukung pemberdayaan ekonomi warga desa dan petani duren Banyumas dengan cara berikut

  1. Klik “Donasi Sekarang”

  2. Isi nominal donasi

  3. Boleh memilih donasi lewat mana saja, bisa dengan OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Sakuku, BRI E-Pay dan BCA Klik-Pay. Bisa juga lewat transfer antarbank (BRI, Mandiri, BCA, BNI).

Selain itu, kamu juga bisa membagikan link galang dana ini ke orang-orang terdekatmu. Kami percaya kebaikan dan kebahagian akan selalu menyertai mereka yang membantu orang lain.

Ayo kita dukung pemberdayaan ekonomi warga desa dan petani durian Banyumas dengan berdonasi melalui BenihBaik.com. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.

  • Pertamina Foundation Berdonasi 3360 Bibit Duren Untuk Kesejahteraan Warga

    benihbaik_2021-02-051612516446601d0c5e0cfcc.jpg

    TemanBaik, setelah sukses di 2 penyaluran sebelumnya. Pada 5 Februari 2021 bertepat di Balai Desa Sunyalangu BenihBaik.com kembali menyalurkan bantuan berupa bibit duren hasil donasi dari Pertamina Foundation sebanyak 3360 bibit. Dari ribuan bibit tersebut penyaluran difokuskan pada 2 Desa di Banyumas yaitu Desa Karanggude Kulon dan Desa Sunyalangu.

    Harapannya bantuan dari Pertamina Foundation ini dapat menyejahterakan serta menambah kemandirian ekonomi warga di Desa tersebut.


    8 bulan yang lalu


  • Bank Bca Membagikan 1567 Bibit Duren Bawor Ke Desa Sokawera Di Banyumas

    benihbaik_2021-02-051612515902601d0a3e70773.jpg

    TemanBaik, setelah sebelumnya di November 2020 sudah dibagikan 3000 lebih bibit pohon duren kepada masyarakat di 3 Desa di Banyumas. Awal Februari lalu tepatnya di tanggal 3 Februari BenihBaik.com bekerjasama dengan Bank BCA kembali menyalurkan 1567 bibit duren bagi warga Desa Sokawera di Banyumas.

    Pada seremonialnya hadir pula CEO sekaligus Founder BenihBaik.com Andy F Noya, yang menyaksikan serah terima serta penanaman bibit duren di wilayah tersebut. Diharapkan musim penghujan ini dapat menyuburkan tanah agar bibit duren tumbuh dengan baik & bermanfaat untuk warga penerimanya saat panen kelak.

    8 bulan yang lalu


  • 4320 Bibit Duren Dari Bri Sudah Disalurkan Kepada Warga Di Banyumas

    benihbaik_2021-02-051612515285601d07d52a3ea.jpg

    TemanBaik, 7 November 2020 lalu Bapak Andy F. Noya selaku founder BenihBaik.com bertandang ke Banyumas untuk menghadiri seremoni serah terima bantuan bibit duren dari Bank BRI kepada masyarakat Banyumas. Adapun bibit duren yang dibagikan sebanyak 4320 bibt yang diperuntukan bagi warga di 3 desa di Banyumas. Antara lain desa Tamansari, Cikidang dan Rancamaya.

    Dengan dibagikannya  bibit duren ini diharapkan perekonomian masyarakat Banyumas dapat terbantu, terutama di tengah pandemi yang membuat banyak warga kehilangan mata pecahariannya.


    8 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 582.120.000

    Ke rekening ****131 a/n Rasim

    Pencairan dana program "Satu Keluarga, Satu Pohon Duren" dari Pertamina Foundation untuk pembelian sebanyak 3360 bibit Durian Bawor, untuk Desa Karanggude Kulon sejumlah 1793 KK dan Desa Sunyalangu se

    8 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 271.632.750

    Ke rekening ****131 a/n Rasim

    Pencairan dana program "Satu Keluarga, Satu Pohon Duren" dari BCA untuk pembelian sebanyak 1567 bibit Duren Bawor, di Desa Sokawera di Banyumas"

    8 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 735.255.026

    Ke rekening ****131 a/n RASIM

    Pencairan dana program "Satu Keluarga, Satu Pohon Duren" dari BRI untuk pembelian sebanyak 4320 bibit Duren Bawor, di 3 desa di Banyumas: Tamansari, Cikidang, Rancamaya

    9 bulan yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya