benihbaik_2020-02-2715827958015e578c19b87f9.jpg
Pendidikan

Semai Mimpi Anak-anak dari Pinggir Sawah

Rp 38.153.000 dari Rp 38.000.000

38 hari lagi

Penggalang Dana

user
BenihBaik ceklis Identitas terverifikasi

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser


"Tingkat kesuksesan menurut orang berbeda-beda. Panggilan hati saya di sini…. Dulu saya sempat di jalanan, tidak jelas. Saya tidak mau Arek-arek ini seperti saya. Jangan sampai lah mereka seperti saya."

Hai TemannBaik, sekitar 9 bulan lalu pada pertengahan 2019, saya Galieh Rakasiwi, membuat kegiatan Pinggir Sawah. Tempat ini bisa disebut rumah singgah, rumah belajar, rumah baca, rumah bermain. Lokasinya di rumah saya di Jalan Kalisetail, Sempu, Banyuwangi-Jawa Timur.

Kenapa namanya Pinggir Sawah? Kebetulan tempatnya di pinggir sawah. Pinggir itu kan tepi, sisi dan sawah itu artinya luas dan banyak manfaat. Harapan saya biarpun kami ada di desa bukan perkotaan, tapi saya ingin kami punya banyak manfaat. Selain itu, nama ini beda dan mudah diingat.



Di tempat ini, anak-anak bisa membaca buku bersama, belajar bahasa Inggris dan Matematika, bermain bersama sesuai keinginan mereka. Selain itu, kami juga menggali bakat anak dengan membuat panggung kreasi seperti baca puisi, menggambar, melukis, parodi musikal.

Kalau hari ini sedang ingin membaca ya… kami membaca buku, kalau hari ini Arek-arek mau belajar bahasa Inggris kami belajar. Kebetulan istri saya senang anak-anak juga, jadi dia kadang ikut bantu mengajari anak-anak ini belajar.



Awal mula membuat kegiatan Pinggir Sawah, saya mengalami kesulitan untuk mengumpulkan anak-anak. Apalagi mengajak mereka untuk baca buku. Saya beri mereka jajanan lalu ajak berkumpul, saya kenalkan tentang buku dan belajar membaca buku. Mereka boleh membawa pulang buku tapi hari berikutnya mereka harus menceritakan isi buku yang dipinjam tersebut.

Lama-lama anak-anak datang sendiri karena ingin baca buku, belajar, dan bermain bersama. Bukan karena ingin mendapat jajanan. Saat ini ada 20-30 anak datang ke Pinggir Sawah. Usia anak-anak ini bervariasi, mulai dari yang belum sekolah, usia TK hingga usia SD.



Di hari biasa, anak-anak boleh datang ke Pinggir Sawah setelah mengaji. Kalau hari Minggu atau hari libur biasanya mereka datang dari pagi. Saya ajak juga anak-anak usia SMP, SMA ikut mendampingi adik-adik mereka di sini, menemani bermain dan belajar. Atau bila ada teman yang datang dan ingin mengajar atau bermain bersama Arek di sini, kami terbuka.

Tantangan lain yang saya hadapi saat membuat kegiatan Pinggir Sawah ini yaitu banyak orang mempertanyakan kegiatan ini. Bahkan ada yang mencibir. Tapi bagi saya yang penting saya mencoba. Lama-lama masyarakat dan orangtua anak menanggapi positif kegiatan kami.



Semangatnya anak-anak bisa nambah semangat saya juga. Namun kami terkendala biaya untuk operasional. Selama ini sebagai saya menggunakan sebagian hasil warung kopi yang saya buka di rumah untuk membiayai kebutuhan dan kegiatan Pinggir Sawah.

Dana yang kami butuhkan sebesar Rp38 juta. Dana ini akan digunakan untuk biaya pengadaan buku-buku, membeli perlengkapan belajar-mengajar, membeli mainan dan alat peraga, membeli komputer, printer, dan proyektor. Di samping itu dana akan digunakan untuk biaya perbaikan tempat bermain anak serta membiayai kegiatan panggung kreasi.



Kita semua ini sama, hanya siapa yang mau bergerak. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan ini bisa bermanfaat bagi orang lain, bagi Arek-arek…. Saya senang bisa bermanfaat, ya… minimal tidak merugikan. Ada kepuasan hati tersendiri dengan membuat kegiatan ini.


#TemanBaik, ayo dukung Arek-arek di Pinggir Sawah menjadi pribadi yang berkembang dan bisa mewujudkan mimpi dan cita-cita mereka. KLIK donasi di BenihBaik.com serta SHARE cerita ini di media sosial dan kepada TemanBaik lainnya.



  • Penyaluran Donasi Pengguna Tokopedia

    benihbaik_2021-03-121615541946604b36ba93cc0.jpg

     

    Kami dari Rumah Belajar Pinggir Sawah mengucapkan terima kasih kepada benihbaik.com atas bantuan dan dukungannya untuk kegiatan yang kami lakukan. Terima kasih juga pada pengguna Tokopedia yang juga terlah berbagi kebaikan untuk kami dan anak-anak di Rumah Belajar Pinggir Sawah. Terima kasih.

    Donasi yang sudah dicairkan digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan di Rumah Belajar Pinggir Sawah, Banyuwangi, Jawa Timur. Ini seperti untuk pengadaan buku-buku, alat tulis, proyektor, dan gamelan. 

     

    Selan itu, donasi juga digunakan untuk kebutuhan pelaksanaan kegiatan yang dibuat Rumah Belajar Pinggih Sawah, Banyuwangi seperti lomba melukis, kegiatan berliterasi dan berbagi dengan anak-anak duafa di Yayasan Bahrul Huda, Tegal Dlimo, Banyuwangi. Kegiatan ini dilaksanakan pada akhir Februari 2021 di Yayasan bahrul Huda.

     

    Dalam kegiatan tersebut, anak-anak dampingan pengelola Rumah Belajar Pinggir Sawah berinteraksi dan berbagi pengalaman, serta berbagi paket berupa alat tulis, kerudung, sarung dan lain-lain. 

     

    Donasi yang diterima oleh Rumah Belajar Pinggir Sawah juga akan digunakan untuk melakukan pavingisasi halaman belakang rumah belajar yang selama ini digunakan sebagai tempat belajar dan bermain oleh anak-anak yang dating ke Rumah Belajar Pinggir Sawah. Namun karena kendala cuaca, hujan yang masih terus terjadi dan menunggu pesananan paving, kegiatan pavingisasi masih belum dilaksanakan. 


    4 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 29.485.453

    Ke rekening ****131 a/n Galieh Rakasiwi

    Request dana untuk kegiatan pentas kreasi, pavingisasi tempat main, pengadaan kebutuhan rumah belajar seperti proyektor, alat belajar.

    5 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 8.534.547

    Ke rekening ****131 a/n Galieh Rakasiwi

    dana terkumpul untuk pembelian gamelan sebagai sarana di rumah singgah dan untuk kegiatan rumah singgah seperti lomba lukis, puisi dll dan memberikan bantuan ke anak yang tidak mampu.

    6 bulan yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya