benihbaik_2020-12-0416070939435fca4eb73f79b.jpg
Kemanusiaan

Tanggap Bencana Erupsi Gunung Ile Lewotolok

Rp 355.011 dari Rp 10.000.000

56 hari lagi

Penggalang Dana

user
Yayasan Aksi Cepat Tanggap ACT ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Yayasan Aksi Cepat Tanggap Identitas terverifikasi user

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Hai TemanBaik! Salurkan bantuan terbaik kamu ke TemanKita di Lembata melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT). Semoga bisa terkumpul 10 juta rupiah dalam campaign ini!


Erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT telah terjadi pada Minggu, 29 November 2020 pukul 09.45 WITA, dengan tinggi kolom abu ± 4.000 m di atas puncak (± 5.423 m di atas permukaan laut).

Dua puluh satu desa yang tersebar di dua kecamatan terdampak langsung dengan erupsi Gunung Ile Lewotolok telah melakukan evakuasi mandiri & dibantu oleh Pemerintah Daerah Lembata. Warga sekitar seketika langsung berlari mengevakuasi diri dan keluarganya. Enam posko pengungsian disiapkan untuk menampung para warga yang terdampak.

Pada tanggal 30 November 2020 pukul 08.33 WITA, telah terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu vulkanik ± 1.400 m di atas puncak (± 2.823 m di atas permukaan laut). Kolom abu vulkanik berwarna kelabu tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 15 mm dan durasi ± 1 menit 50 detik. Kondisi ini menempatkan Gunung Ile Lewotolok ini pada status Level III (Siaga). 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengeluarkan rekomendasi:

Masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok dan pengunjung/pendaki/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya di dalam area kawah Gunung Ile Lewotolok dan di seluruh area dalam radius 2 km dari puncak/pusat aktivitas Gunung Ile Lewotolok.

TemanKita di pengungsian sedang cemas dan membutuhkan bantuan. Butuh pangan, alas tidur, masker, kebutuhan sanitasi, kebutuhan bayi, kebutuhan ibu hamil dan menyusui, serta hygiene kit.

1.    Klik “Donasi Sekarang”

2.    Isi Nominalnya

3.  Pilih Metodenya. Lebih praktis DONASI lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, Sakuku dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu Kredit

Bantu SHARE juga link campaign dan page ini agar lebih banyak doa dan bantuan untuk membantu para pengungsi Gunung Ile Lewotolok.

pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Bantu Campaign Lainnya