benihbaik_2021-04-26161942291060866ebeca751.jpg
Anak

Ayah Seorang Buruh Harian Berjuang Demi Fadhil Bisa Mendengar

Rp 1.506.030 dari Rp 50.000.000

1 hari lagi

Penggalang Dana

user
sri suwarni ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Muhammad Khadziq El Fadhil Identitas terverifikasi user
anon
Rekening Penerima Rekening Penerima terverifikasi user

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Ketika pertama kali mendengar Fadhil divonis mengalami GDD, speech delay, profound hearing loss, dan cerebri atrofi dalam waktu yg bersamaan, di depan dokter air mata saya pecah tidak menyangka ini terjadi kepada anak saya. Hancur hati saya memikirkan masa depannya, apalagi ini adalah pengalaman pertama memiliki anak.

Perkenalkan nama saya Sri Suwarni, ibu dari seorang putra yang kami beri nama Muhammad Khadziq El Fadhil. Pada usianya yang belum genap 3 tahun, Fadhil telah mengalami cobaan yang sangat berat. Ia terancam kehilangan pendengaran pada kedua telinganya.


Fadhil divonis mengalami gangguan pendengaran sangat berat telinga kanan kiri. Gangguan ini terjadi sejak lahir, namun baru diketahui ketika usia Fadhil 1 tahun di mana seharusnya ia sudah bisa mengoceh. 

Sewaktu hamil Fadhil saya merasa baik-baik saja dan tidak ada kendala. Kemudian Fadhil lahir secara normal dengan BB.2,5 kg, panjang 50cm serta bisa menangis spontan. Ketika usia 4 bulan ia sudah bisa menegakkan kepala. Namun pada usia 9 bulan ia belum bisa duduk. Ketika usia Fadhil 1 tahun, khawatir dengan perkembangannya saya memeriksanya ke RSUD Sleman. Ternyata Fadhil mengalami gangguan tumbuh kembang, dan hasil USG otaknya mengindikasikan ia mengalami ventrikulomegali ringan. 


Fadhil kemudian dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito untuk pemeriksaan lanjutan. Dari pemeriksaan CT scan lingkar kepala Fadhil normal, namun volume otaknya mengalami pengecilan/cerebri atrofi . Fadhil divonis mengalami global development delay (GDD) dan speech delay. Dari uji pendengaran dengan tes BERA, audiometri dan ASSR baru ketahuan kalau Fadhil juga mengalami gangguan pendengaran profound hearing loss SNHL 105 Desible telinga kanan kiri.

Berdasarkan diagnosis-diagnosis tersebut Fadhil dianjurkan untuk menjalani fisioterapi dan terapi wicara. Dari BPJS Fadhil hanya mendapat jatah fisioterapi 1 kali terapi wicara 1 kali setiap minggu, masih kurang dari jumlah ideal setidaknya masing-masing 3 kali seminggu. Dengan berat hati, demi perkembangan Fadhil kami membawanya ikut terapi wicara tambahan di Klinik Rumah Kata, yang biayanya tidak ringan bagi kami. Alhamdulillah pada usia 18 bulan Fadhil sudah bisa jalan. Fisioterapi pun dihentikan dan sebagai gantinya Fadhil menjalani terapi okupasi untuk melatih fokusnya.


Namun dikarenakan terjadi pandemi semua terapi di RSUP Dr. Sardjito terpaksa berhenti karena pihak rumah sakit belum berani memberikan terapi untuk anak-anak, dengan alasan imunitas anak-anak masih lemah dan rentan terpapar infeksi. Terapi wicara di Klinik Rumah Kata pun sempat terhenti dan saat ini tahapan latihannya harus mulai lagi dari awal. Fadhil secara rutin juga harus minum obat syaraf otak Piracetam. Untuk pendengarannya, Fadhil sangat memerlukan alat bantu dengar (ABD) yang sayangnya tidak bisa di-cover oleh BPJS. Padahal tanpa alat bantu dengar Fadhil akan semakin sulit mengejar ketertinggalan tumbuh kembangnya khususnya kemampuan berkomunikasinya.

Demi perkembangan Fadhil kami sebenarnya ingin membeli sendiri ABD tersebut. Namun ternyata harganya sangat mahal, tidak terjangkau dengan kondisi ekonomi keluarga yang serba kekurangan. Apalagi suami saya, Nur Rohmad, saat ini tidak bekerja karena baru saja mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan jari kelingkingnya harus diamputasi dan jeri 3-4 patah dan disambung dengan kawat, sudah menjalani operasi 2x, sampai saat ini belum sembuh dan belum bisa mencari nafkah. Untuk biaya hidup dan makan sehari-hari saja kami juga pas-pasan dan masih harus membayar iuran BPJS yang kami bayar secara mandiri. 

Kami pernah berusaha meminta bantuan pengadaan ABD kepada dinas terkait. Hanya saja hingga saat ini tidak ada respon positif yang kami dapatkan. Selain itu kami sudah coba menghubungi lembaga-lembaga zakat namun belum ada yang bisa membantu karena mahalnya harga ABD tersebut. Entah bagaimanapun caranya kami akan tetap berusaha membelikan ABD untuk Fadhil. Agar suatu saat dia bisa mendengar, mengenal suara, mengenal bunyi, tumbuh dan berkembang seperti anak-anak yang lain.Sungguh tinggi harapan kami terhadap kesembuhan Fadhil.

Doa yang selalu saya panjatkan untuk Fadhil semoga ia menjadi anak yang sholeh, kuat, tangguh agar kelak ia sukses dunia akhirat membanggakan orang tua. Besok ketika dewasa semoga Fadhil bisa punya usaha sendiri dan menciptakan lapangan kerja untuk org lain sesuai dengan arti namanya: anak yg cerdas dan berguna. Aamiin.Untuk itu, sangat besar harapan saya akan bantuan dan doa para #TemanBaik agar Muhammad Khadziq El Fadhil bisa melanjutkan pengobatan hingga selesai

  • Pencairan Dana Rp 915.000

    Ke rekening ****0508 a/n Muhammad Khadziq El Fadhil

    Biaya Operasional, Biaya Fadhil kontrol ke rumah sakit, Biaya Terapi wicara, dll

    1 bulan yang lalu


  • Fadhil Kontrol ke Dokter Tumbuh Kembang

    benihbaik_2021-09-14_1631594080_61402660e1e57.jpg

    Alhamdulillah Fadhil sudah kontrol lagi di dokter tumbuh kembang, kemarin sudah tes psikologi, tes ASSR ulang dan besok tanggal 4 oktober kontrol ke Dokter Tumbuh kembang lagi untuk konsultasi terkait hasil tes tes yg kemarin

    Mohon doanya #orangbaik semoga fadhil bisa terus berjuang dan orangtuanya dimudahkan utk menemani fadhil berjuang.. aamiin

    1 bulan yang lalu


  • Kabar terbaru Fadhil

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Saya selaku ibu dri anak saya yg bernama fadhil mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh para donatur yg telah sudi kiranya mendonasikan sebagian rejekinya untuk anak saya dan saya mngucapkan terimakasih yg sebanyak banyaknya kepada yayasan benih baik yg telah membantu meringankan beban keluarga kami 🙏🙏

    Kami hnya bisa mendoakan semoga seluruh donatur dan yayasan benihbaik dilipatgandakan pahalanya, di luaskan rejekinya, dan semoga diberikan kemudahan kesehatan dan dikabulkan hajat dunia akhiratnya.. aamiin

    Saat ini fadhil masih belum bisa bicara dan perkembangannya masih jauh dari anak seusianya

    Saya mohon doa semoga fadhil segera bisa mendapatkan alat bantu dengar yg sesuai gangguan pendengarannya dan semoga bisa mengejar perkembangannya agar seperti anak normal lainnya.

    Aamiin

    2 bulan yang lalu


  • Pencairan Dana Rp 305.000

    Ke rekening ****0508 a/n MUHAMMAD KHADZIQ EL

    untuk membeli kebutuhan fadhil popok sekali pakai, susu formula 3+, Sabun mandi, minyak telon, multivitamin curcuma plus

    3 bulan yang lalu


Baca Selengkapnyaicon-lihatsemua

Bantu Campaign Lainnya