Benihbaik_2022-11-22_1669100432637c7390cbb38.jpeg
Kesehatan

Ayo Bantu Putuskan Mata Rantai Penularan TBC di Indonesia

Rp 250.000 dari Rp 200.000.000

21 hari lagi

Penggalang Dana

user
Dyah Erti Mustikawati ceklis Identitas terverifikasi

Penerima Donasi

anon
Penderita TBC Identitas terverifikasi user
anon
Rekening Penerima Rekening Penerima terverifikasi user
anon
Lokasi Kab. Bekasi

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasanya menyerang paru-paru, namun tidak jarang pula bakteri dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya. 

TBC adalah salah satu dari 10 penyebab kematian tertinggi di dunia. World Health Organization (WHO) mencatat penyakit ini lebih sering ditemukan di negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Faktanya di Indonesia, penyakit ini menempati peringkat ketiga setelah India dan China dengan jumlah kasus 824 ribu dan kematian 93 ribu per tahun atau setara dengan 11 kematian per jam. Sebuah angka yang tidak sedikit!

TBC mudah menular dan menyebabkan kematian. Namun penyakit ini dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi obat secara teratur sampai benar-benar dinyatakan sembuh oleh dokter sehingga bisa memutus rantai penularan TBC. Biasanya durasi pengobatan yang dibutuhkan cukup lama.

Masalah yang terjadi adalah kompleksitas dalam hal pengobatan seperti jarak domisili pasien ke layanan kesehatan yang memerlukan biaya transportasi yang tidak sedikit. Akibatnya banyak masyarakat rentan penderita TBC yang tak bisa menjalani pengobatan, sehingga risikonya bisa memperluas rantai penularan TBC dalam lingkup keluarga.

Untuk itu, BenihBaik bersama dengan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) mengajak TemanBaik untuk berkontribusi dalam membantu pengobatan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat rentan yang mengidap TBC guna mencegah perluasan penularan TBC di Indonesia. 

Mari bersama kita sukseskan Gerakan Indonesia Bebas TBC 2030, bersama kita atasi perluasan penularan TBC di Indonesia dengan klik Donasi Sekarang.


pak

Belum ada aktivitas terbaru penggalang dana

Fundraiser

gamber-fundraiser

Bantuan itu bukan sekadar uang lho, TemanBaik!

Dengan menjadi Fundraiser, kamu bisa mengumpulkan uang untuk galang dana ini dengan mengetuk hati teman-temanmu yang ingin membantu.

Jadi Fundraiser

Bantu Campaign Lainnya