Panggilan Mendesak

camp
Kemanusiaan

Peduli Sahabat Difa Di Roemah Difabel Semarang

Hai TemanBaik,Lahir dari proses dan perjuangan memiliki anak berkebutuhan khusus, Komunitas Sahabat Difabel Semarang atau KSD berdiri pada tahun 2014. Empat perempuan yang memprakarsai berdirinya Komunitas Sahabat Difabel adalah Noviana Dibyantari, Lani Setyadi, Siwi Parwati dan Windy Aryadewi. Komunitas Sahabat Difabel menjadi sarana yang bisa membantu dan memfasilitasi para orangtua dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Awalnya KSD menggunakan halaman Balaikota Semarang, Jawa Tengah  untuk mengenalkan ragam kegiatan difabel pada masyarakat, juga melakukan kampanye saat car free day. Saat ini, KSD memiliki basecamp atau tempat berkegiatan di Jl. MT Haryono 266 Semarang Tengah, yang disebut Roemah Difabel atau Roemah D atau RD.Tempat ini awalnya rumah keluarga milik Prof. Dr. J. Hardhono dan Grace Susanto. Sejak 8 April 2016 rumah ini menjadi rumah bagi Sahabat Difa, sebutan untuk orang berkebutuhan khusus di sana. Aneka pelatihan dan pemberdayaan sahabat difa dilakukan di Roemah D.Di tempat ini, Sahabat Difa mengikuti pelatihan rutin seperti calistung (baca, tulis dan berhitung), pelatihan dasar berbahasa Inggris, pelatihan komputer, menjahit, pelatihan sulam pita dan sulam benang, pelatihan mengolah perca, membuat hasta karya dengan de coupage, membuat mini album foto, belajar seni kolase, hingga pelatihan membuat sandal hotel. Sahabat Difa juga mendapat pelatihan fotografi, olah vokal, drum dan keyboard bagi anggota. Pun mereka mengikuti pelatihan berkala yang bekerja sama dengan pihak luar seperti pelatihan mengolah bandeng, pelatihan mengolah perca, pelatihan kewirausahaan dan lain-lain, pengenalan bahaya narkoba untuk Sahabat Difa.Ada 75 anggota aktif Sahabat Difa dengan berbagai latar belakang dan jenis disabilitas yang dilayani Roemah D: disabilitas daksa, disabilitas netra, disabilitas intelektual, tuli maupun disabilitas sensorik. Untuk memenuhi kebutuhan Sahabat Difa yang dilayani, Roemah D memerlukan dana sebesar Rp 100 juta dalam setahun guna menunjang kegiatan pelatihan dan pemberdayaan serta sosialisasi kepada masyarakat.Teman Baik, ayo kita dukung Sahabat Difa untuk terus berkarya dan berdaya. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.
Dana terkumpul Rp 565.000
13 hari lagi Dari Rp 100.000.000
Donasi
camp
Kemanusiaan

#BersamaKitaPeka Salurkan Sembako untuk Rakyat Kecil Terdampak Covid-19

Hai TemanBaik,Namanya Mbah Loso. Ia menjalani hidupnya sehari-hari sebagai seorang pemulung. Setiap hari Mbah Loso keliling di daerah Karanganyar, Solo-Jawa Tengah. Berangkat dari jam 6 pagi, pendapatannya tak seberapa. Rata-rata Mbah Loso mendapat pemasukan Rp 30.000,00/hari. Dengan adanya pandemi Covid-19, pendapatannya semakin kecil.Namun Mbah Loso tidak putus asa walau pendapatannya tak seberapa. “Ya mau bagaimana lagi… kondisi di luar lagi seperti ini. Saya juga sudah 3 hari tidak bisa mulung karena jalan juga sudah banyak yang ditutup. Ditambah lagi harga semakin turun. Jadi saya juga tidak bisa apa-apa, cuma bisa berusaha sebisanya saja,” ujar Mbah Loso.Kondisi Mbah Loso hanyalah satu dari segelintir rakyat kecil di Karanganyar dan sekitarnya yang ekonominya terdampak Covid-19. Saya Mahdalia Fitra dan teman-teman tergerak untuk membantu Mbah Loso dan masyarakat kecil lain di Karanganyar dan sekitarnya melalui gerakan #BersamaKitaPeka.Kami ingin berbagi paket sembako dengan para pemulung seperti Mbah Loso, tukang becak, pengemudi ojol, pelaku usaha kecil dll. Mereka mengambil risiko tetap bekerja di luar rumah demi keluarga tetap bisa makan setiap hari.TemanBaik bisa bergabung dalam gerakan berbagi ini dengan berdoansi melalui BenihBaik.com. Semoga kita dapat bahu-membahu untuk peka dan meringankan beban orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan.#TanamKebaikan#SebarKebaikan#BersamaKita Peka
Dana terkumpul Rp 1.050.333
14 hari lagi Dari Rp 30.000.000
Donasi
camp
Kemanusiaan

Santuni Yatim dan Dhuafa di Desa Bolano, Parigi Moutong

“Kaum dhuafa di tempat kami banyak yang kerjanya memetik kelapa dan coklat, atau membantu membuat kopra. Rumahnya pun meminjam dari orang, namun tidak ada listrik di dalam. Semoga bisa membantu” -Ketua Karang Taruna Panagontu BoanoHai TemanBaik. Menolong sesama manusia wajib hukumnya bagi kita yang mampu, utamanya yatim piatu dan dhuafa. Sesungguhnya Allah SWT berfirman dalam Q.S. At-Taubah Ayat 71“Dan orang orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah bagi yang mungka, melaksanakan sholat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rosul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah SWT. Sesungguhnya Allah maha perkasa lagi maha bijaksana”.Lagi dalam Q.S An-Nisa Ayat 36“Dan berbuat baiklah kepada orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat/ jauh, teman sejawat dan ibnu sabil yang kamu miliki”. Bulan November 2020 nanti, TemanKita di Karang Taruna Panagontu Boano berencana menyantuni yatim piatu dan dhuafa di sekitar Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Semoga kegiatan ini dapat menjadi tempat bagi Teman Baik untuk berbagi rezeki yang telah diberikan Allah SWT.Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membeli paket sembako/ paket ibadah/ paket perlengkapan sekolah untuk anak-anak yatim piatu. Sedangkan kaum dhuafa akan mendapatkan paket sembako dan uang tunai.Rencananya satu paket sembako berisi Beras 5 kg, Minyak Goreng 2 l, Mie Instant 1 dus, Kopi 200 g dan Susu 2 kaleng. Satu paket belajar terdiri dari seragam sekolah, tas sekolah, sepatu, buku tulis, pulpen dan pensil. Adapun satu paket ibadah berisi Al-Quran, Baju Koko, Sajadah, Songkok/ Jilbab. Setiap paket nilainya Rp 200.000. Targetnya ada 50 orang dibantu. Semoga dapat terkumpul Rp 10 juta.Yuk TemanBaik, berbagi rezeki kamu sampai ke Teman Kita di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Seumpama orang yang menginfak hartanya di jalan Allah, seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, dan pada setiap tangkai ada seratus biji. Akan dilipatgandakan bagi siapa yang Allah kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui”. (SID)Kamu dapat berdonasi dengan cara:1. Share campaign ini di facebook, twitter dan instagram kamu.2. Klik "Donasi Sekarang"3. Isi nominalnya.4. Pilih donasi dengan apa. Bisa lewat OVO, DANA, LinkAja, Sakuku, BCA KlikPay, BRI E-Pay, Sakuku, Transfer Bank dll.
Dana terkumpul Rp 2.095.076
11 hari lagi Dari Rp 10.000.000
Donasi

Pilihan Campaign